Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Permasalahan yang Sering Dihadapi Saat Kucing Melahirkan

Kompas.com - 18/12/2021, 13:43 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki kucing hamil dan siap untuk melahirkan anaknya, kemungkinan besar Anda tidak perlu melakukan apa pun kecuali menyemangati induk kucing dan memberikan nutrisi terbaik sebelum melahirkan.

Meskipun dapat melahirkan dan merawat diri ataupun bayinya sendiri, kucing melahirkan bukan tanpa masalah.

Ada sejumlah kendala yang harus dihindari dan ditangani dengan baik agar induk dan anak kucing selamat saat proses lahiran.

Sebab, tak jarang induk atau anak kucing mati saat melahirkan, tentu hal ini tak ingin terjadi pada induk dan anak kucing Anda, bukan? Melansir dari The Spurce pada Sabtu (18/12/2021), berikut ini permasalahan saat kucing melahirkan dan cara mengatasinya.

Baca juga: Trik Mencegah Kucing Peliharaan Membawa Bangkai Hasil Buruan ke Rumah

Permasalahan selama kucing melahirkan

Untungnya, sebagian besar kucing betina dapat melahirkan anak kucing mereka tanpa campur tangan manusia. Namun, beberapa komplikasi dapat terjadi. Beberapa di antaranya:

1. Kontraksi terus-menerus tanpa kelahiran

Jika kucing Anda mengalami kontraksi kuat selama lebih dari 30 menit tanpa kemajuan apa pun, bawa dia dan semua anak kucing ke dokter hewan.

2. Retensi plasenta

Jika kucing Anda tidak mengeluarkan plasenta, itu dapat menyebabkan infeksi rahim. Hitung setiap plasenta, bahkan jika induk memakannya. Jumlah plasenta harus sama dengan jumlah anak kucing.

Baca juga: Catat, Ini 8 Lokasi Terbaik Meletakkan Kotak Pasir Kucing di Rumah

3. Anak kucing tersangkut di jalan lahir

Ketika mencari cara merawat anak kucing baru lahir, penting pula untuk mengetahui kapan kucing yang baru lahir boleh dipegang.SHUTTERSTOCK/PHOTOWIND Ketika mencari cara merawat anak kucing baru lahir, penting pula untuk mengetahui kapan kucing yang baru lahir boleh dipegang.

Kebanyakan anak kucing dilahirkan dengan kepala terlebih dahulu. Kelahiran sungsang (ekor-pertama) terjadi sekitar 40 persen dari waktu dan dianggap normal.

Seekor anak kucing yang bersarang di jalan lahir selama lebih dari 10 menit kemungkinan dalam kesusahan.

Hubungi dokter hewan Anda jika anak kucing tersangkut di jalan lahir selama lebih dari dua menit; dokter hewan Anda akan memberi Anda langkah selanjutnya.

Baca juga: 3 Pertolongan Pertama saat Kucing Terluka hingga Kesulitan Bernapas

4. Anak kucing yang lahir mati

Tidak jarang satu atau dua anak kucing lahir mati. Keluarkan anak kucing yang mati dari area tersebut sehingga induknya dapat terus melahirkan anak-anak kucing lainnya tanpa gangguan.

5. Perdarahan postpartum

Meskipun beberapa pendarahan setelah melahirkan adalah normal, pendarahan yang berlebihan adalah keadaan darurat dan memerlukan perhatian dokter hewan.

Jika diabaikan, induk kucing bisa mati. Jika pendarahan teratur berlanjut selama lebih dari seminggu setelah kelahiran atau jika pendarahan berhenti selama sehari dan kemudian terjadi lagi, cari bantuan dokter hewan.

Setelah semua anak kucing lahir, induk kucing akan merawat dan memberi makan bayi-bayinya. Selama menyusui, kebutuhan kalori kucing Anda empat kali lipat.

Baca juga: 5 Lokasi Terbaik Meletakkan Kasur Kucing agar Tidur Nyenyak

 

Pastikan ia memiliki banyak makanan formula kucing. Formula anak kucing berkualitas tinggi akan memenuhi kebutuhan nutrisi kucing Anda.

Apabila kucing Anda tidak menyusui atau makan, tampak kesakitan atau lesu, ada sesuatu yang tidak beres.

Juga, bau busuk bersama dengan pendarahan yang sering menunjukkan infeksi atau anak kucing yang tertahan. Jika ini terjadi pada kucing Anda, segera dapatkan perawatan dokter hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com