Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2021, 19:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.comAluminium foil adalah benda yang bisa digunakan untuk apa pun, salah satunya membungkus sisa makanan atau melapisi loyang.

Meski demikian, ada sejumlah hal yang sebaiknya tidak boleh dibungkus atau dilakukan menggunakan aluminium foil. Apa saja?

Mengutip dari The Kitchn, Rabu (15/12/2021), berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan menggunakan aluminium foil. 

Baca juga: Mengapa Aluminium Foil Memiliki Sisi yang Mengilap dan Buram?

Menaruh makanan dengan aluminium foil ke dalam microwave

Agar awet, bersihkan oven secara manual beberapa bulan sekali.Unsplash/Stefan C Asafti Agar awet, bersihkan oven secara manual beberapa bulan sekali.

Jangan pernah menaruh makanan apa pun menggunakan aluminium foil ke dalam microwave karena aluminium foil berbeda dengan kertas atau kaca.

Aluminium foil menghalangi gelombang elektromagnetik sehingga akan memantul di dalam oven.

Hal inilah dapat menyebabkan percikan dan nyala api yang bisa membuat microwave rusak, bahkan memicu kebakaran.

Baca juga: 12 Manfaat Lain Aluminium Foil Selain untuk Membungkus Makanan

Dipakai untuk membuat kue kering

Aluminium foil memang bisa digunakan untuk melapisi loyang saat sedang membuat beberapa makanan tertentu, tapi tidak untuk kue kering.

Sebab, aluminium foil dapat membuat bagian bawah kue kering matang lebih cepat. Hal ini membuat kematangan kue kering menjadi tidak merata.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kertas roti, alas adonan silikon, atau semprotan antilengket sebagai pelapis loyang saat membuat kue kering.

Baca juga: Mengenal Oven Dutch dan Alasan Perlu Memilikinya di Dapur

Ilustrasi aluminium foil, ilustrasi kue kering.SHUTTERSTOCK / Saami Ansari Ilustrasi aluminium foil, ilustrasi kue kering.

Pelapis bagian bawah oven

Bagi sebagian orang, melapisi bagian bawah oven dengan aluminium foil dapat menampung tetesan dan tumpahan makanan yang sedang dipanggang.

Namun, ternyata hal itu tidak disarankan. Bahkan perusahaan aluminium foil bernama Reynolds Wrap menganggapnya sebagai ide buruk.

“Guna menghindari kemungkinan kerusakan akibat panas pada oven, kami tidak menyarankan penggunaan aluminium foil sebagai pelapis bagian bawah oven,” ujar mereka.

Baca juga: Catat, 5 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Sebagai pembungkus makanan asam

Makanan asam seperti tomat, saus tomat, dan kue tar buah disarankan untuk tidak dibungkus dengan aluminium foil. Sebab, asam yang terkandung dalam makanan dapat mengikis aluminium foil beberapa hari setelah makanan dibungkus.

Untuk itu, makanan asam disarankan dibungkus menggunakan plastik, bahkan ditaruh di wadah kaca. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com