Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 19:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak dengan microwave membutuhkan wadah plastik atau kaca yang dibuat khusus untuk penggunaan peralatan pemanas makanan ini. 

Sebab, wadah yang bukan untuk microwave dapat rusak saat dipanaskan dalam microwave, bahkan bisa berbahaya bagi lingkungan dapur. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini 6 Perbedaan Antara Oven dan Microwave

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (22/11/2021), wadah yang aman untuk microwave dapat terkena noda makanan, terutama jika makanan dimasak terlalu lama dan terbakar di permukaan memasak.

Menghilangkan bekas makanan yang terbakar dan noda pada wadah untuk microwave serta memastikan wadah tetap aman untuk digunakan pada masa mendatang menjadi hal penting.

Berikut langkah membersihkan wadah microwave yang terkena noda makanan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Plastik Meleleh pada Microwave

Gunakan baking soda

Taburkan baking soda pada wadah makanan yang terkena noda hingga menutupinya sepenuhnya. Tuang air keran panas ke dalam wadah dan biarkan terendam selama 10-15 menit.

Gosok wadah

Gosok wadah dengan pembersih piring berbahan nilon. Hindari wol baja dan bahan abrasif yang keras karena dapat merusak wadah, khususnya wada plastik. 

Baca juga: 6 Manfaat Microwave Selain Memanaskan Makanan 

Bilas wadah 

Ilustrasi microwaveSHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi microwave
Bilas wadah dengan air hangat dan periksa apakah ada sisa makanan. Jika residu tetap ada, ulangi perawatan dengan baking soda dan air panas. Gosok dan bilas untuk kedua kalinya.

Gunakan air dingin dan pemutih klorin

Selanjutnya, isi wadah dengan air dingin jika noda tetap ada setelah sisa makanan hilang. Tambahkan satu sendok makan pemutih klorin untuk setiap cangkir air yang digunakan serta rendam wadah selama dua menit. 

Baca juga: Kenapa Microwave Tiba-tiba Mati? Ini Beberapa Penyebabnya

Bilas dengan air dingin

Bilas larutan pemutih dari wadah dengan air dingin. Cuci wadah dengan mesin pencuci piring pada rak atas atau cuci dengan tangan menggunakan sabun pencuci piring ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com