Kompas.com - 06/12/2021, 17:11 WIB
Ilustrasi ruang keluarga, sofa kulit putih Unsplash/Ralph (Ravi) KaydenIlustrasi ruang keluarga, sofa kulit putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Jatuh saat mandi, terbentur pintu, atau terpeleset karena lantai licin merupakan kecelakaan dan bahaya yang dapat terjadi pada setiap penghuni rumah mana pun.

Karena itu, penting bagi setiap penghuni rumah untuk mengantisipasi berbagai hal berbahaya ini demi mencegah kecelakaan rumah tangga yang tak pernah diharapkan.

Dilansir dari Decor Tips, Senin (6/12/2021), berikut ragam hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kecelakaan dan bahaya di rumah. 

Baca juga: 3 Tanda Rumah Dikelilingi Aura Negatif

Memastikan kaki kering saat keluar dari kamar mandi

Ilustrasi keset kamar mandi.SHUTTERSTOCK/WIIIN Ilustrasi keset kamar mandi.
Ketika keluar dari kamar mandi, pastikan kaki sudah dikeringkan degan baik menggunakan keset. Jika tidak, ini bisa membuat kamu berisiko terpeleset saat menginjak lantai di luar kamar mandi.

Meletakkan karpet kamar mandi antilicin

Jika permukaan lantai kamar mandi di rumah terasa begitu licin, sebaiknya wajib memasang karpet khusus kamar mandi antilicin.

Mengingat, kamar mandi adalah salah satu ruangan paling banyak terjadi kecelakaan. Karpet karpet kamar mandi antilicin dapat meminimalkan risiko terpeleset, bahkan terjatuh. 

Baca juga: Ragam Penutup Jendela Kamar Mandi agar Cantik dan Privasi Terjaga

Tidak menyimpan barang-barang berat di atas lemari

Menyimpan barang-barang di atas lemari bukan ide yang baik, apalagi barang yang disimpan itu berat. Sebab, barang yang disimpan di atas lemari bisa saja jatuh dan menimpa siapa pun sehingga menyebabkan bahaya serius.

Jangan membeli furnitur dengan sudut menonjol dan tajam

Anak-anak sering menjadi korban dari furnitur yang memiliki sudut menonjol dan tajam. Untuk itu, sebelum membeli furnitur, sebaiknya memilih sudut melengkung untuk mencegah segala jenis cedera. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Mendekorasi Rumah Jelang Natal

Berhati-hatilah dengan kompor di dapur

Ilustrasi kompor gas.SHUTTERSTOCK/PANDASTUDIO Ilustrasi kompor gas.
Saat memasak di dapur, berhati-hatilah dengan kompor keramik atau bagian atas kompor saat memasak, terlebih bila di rumah memiliki anak kecil.

Pasalnya, anak-anak kerap memiliki rasa ingin tahu yang membahayakan mereka dan rumah. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber decor tips
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.