Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kesehatan Memelihara Tanaman Lidah Mertua di Rumah

Kompas.com - 04/12/2021, 13:42 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman ular, yang biasa disebut sebagai lidah mertua, adalah sukulen yang tahan banting yang dapat tumbuh di mana saja.

Selain digunakan untuk hiasan di dalam ruangan, tanaman lidah mertua juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan jika Anda memeliharanya di rumah.

Melansir dari Healthline pada Sabtu (04/12/2021) berikut ini manfaat kesehatan memelihara tanaman lidah mertua di rumah.

Baca juga: Simak, Ini Sejumlah Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Filter udara di dalam ruangan bahkan di malam hari

Mirip dengan sukulen lainnya, tanaman lidah mertua dapat membantu menyaring udara kotor di dalam ruangan.

Yang unik dari tanaman ini adalah salah satu dari sedikit tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari.

Kualitas ini menjadikannya tanaman yang ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

Baca juga: 5 Ciri Tanaman Lidah Mertua Hampir Mati

Menghilangkan polutan beracun

Tanaman lidah mertua dikenal dengan kemampuannya dalam menghilangkan polutan beracun di dalam ruangan.

Meskipun dalam kontribusi kecil, tanaman ular dapat menyerap polutan penyebab kanker, termasuk CO2, benzena, formaldehida, xilena, dan toluena.

Dengan kemampuan menyerap dan membuang racun berbahaya, tanaman ini dapat bertindak sebagai pertahanan yang efektif terhadap alergi udara.

Baca juga: 5 Lokasi Terbaik Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Menurut Feng Shui

Apa itu tanaman lidah mertua?

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/GRUMPY COW STUDIOS Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan.

Tanaman hias bernama latin Sansevieria trifasciata berasal dari Asia dan Afrika. Hal ini dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan.

Tanaman lidah mertua ini kerap digunakan sebagai dekorasi rumah, karena bentuk daunnya unik dan indah, mudah perawatannya, dan hanya membutuhkan sedikit air untuk bertahan hidup.

Tanaman ini dianggap relatif aman, tetapi sedikit beracun jika dikonsumsi. Daunnya mengandung racun yang dapat menyebabkan pembengkakan dan mati rasa di lidah jika dimakan dalam dosis besar.

Adalah bijaksana untuk menjauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan yang rentan menggigit.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Kirkii Silver Blue, Kerabat Lidah Mertua

Cara merawat tanaman lidah mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias daun yang memiliki beragam daun yang tumbuh tegak, dan beberapa varietas memiliki tepian kuning atau putih.SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Lidah mertua adalah tanaman hias daun yang memiliki beragam daun yang tumbuh tegak, dan beberapa varietas memiliki tepian kuning atau putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com