Kompas.com - 03/12/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi outdoor AC Unsplash/Carlos LindnerIlustrasi outdoor AC

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya unit AC indoor atau bagian dalam saja, unit AC outdoor juga harus diperhatikan sehingga dapat bekerja lebih efektif.

Unit AC outdoor adalah unit kondensasi yang ditempatkan di luar rumah. Unit ini memiliki jeruji logam di bagian atas dan bilah panggangan di sepanjang sisinya untuk memungkinkan udara ditarik ke dalam guna mendinginkan kondensor.

Baca juga: Pentingnya Melindungi Unit AC Outdoor agar Bekerja Lebih Efektif 

Melansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (3/12/2021), bilah ini harus diberi ruang yang cukup agar sirkulasi udara memadai dan mencegah kondensor terlalu panas sehingga tidak efektif. 

Untuk itu, meletakkan unit AC outdoor tak boleh sembarangan guna memberikan hasil  maksimal. Idealnya, unit AC outdoor harus diletakkan pada jarak minimum 76 sentimeter antara kondensor dan dinding untuk pendinginan bekerja efektif.

Baca juga: 6 Manfaat Air Buangan AC untuk Kehidupan Sehari-hari

Jika jarak minimum ini tidak dipatuhi, kecuali penempatannya diizinkan perusahaan induk, garansi asli produk akan dibatalkan.

Meski tidak ada jarak operasi maksimum yang diperlukan antara dinding dan kondensor, jarak tersebut ditentukan oleh panjang selang serta penempatan pijakan di mana unit AC outdoor akan berdiri.

Selain itu, sama dengan dinding, gulma, semak, dan tanaman tidak boleh menghalangi bilah pendingin serta setiap dinding atau pagar baru yang dibangun juga harus mempertahankan ruang minimum 76 sentimeter yang diperlukan di sekitar unit untuk pendinginan yang efektif dan menjaga garansi tetap utuh. 

Baca juga: 5 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Efektif Saat Udara Panas

Tak hanya itu, untuk pendinginan maksimal, pasang unit indoor dan outdoor AC split di lokasi yang jauh dari sinar matahari langsung serta air.

Pasang unit AC outdoor pada uang terbuka sehingga tidak ada halangan untuk membuang panas dari kondensor.

Unit AC outdoor harus diletakkan pada permukaan yang rata dan kaku. Unit ini berisi komponen utama AC split seperti kompresor, kondensor, juga motor kipas. 

Baca juga: 6 Tanda AC Membutuhkan Perbaikan dan Perlu Diganti

Jika unit AC outdoor tidak berada permukaan yang rata, akan menimbulkan getaran berlebih, yang dapat menyebabkan putusnya pipa tembaga, kebocoran cairan pendingin, dan kerusakan kompresor atau kondensor.

Unit AC outdoor yang bergetar juga dapat mengganggu Anda dan tetangga lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.