Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Efektif Saat Udara Panas

Kompas.com - 02/12/2021, 11:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang paling diandalkan untuk menyejukkan ruangan di saat cuaca panas, AC menjadi terus menerus bekerja selama suhu udara memanas.

Selama waktu ini, mungkin AC telah mengalami keausan, mengumpulkan debu, kotoran, dan bahkan memerlukan beberapa penggantian komponen. 

Untuk itu, dilansir dari Mrright.in, Kamis (2/11/2021), sebelum Anda memulai sistem Anda untuk udara panas yang berkepanjangan, pastikan dalam kondisi AC berjalan dengan aman dan efisien.

Baca juga: Ragam Istilah Teknis pada AC yang Perlu Diketahui

Ada beberapa tips atau langkah yang membantu Anda menyiapkan AC di saat udara panas yang berkepanjangan. 

Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).

1. Ganti filter 

Filter yang digunakan pada AC memiliki masa pakai tertentu, setelah itu filter tersebut memperburuk kualitas udara dalam ruangan Anda alih-alih meningkatkannya dan karenanya, perlu diganti.

Beberapa filter perlu diganti setidaknya sekali setiap bulan sementara beberapa filter perlu diganti setiap tiga bulan sekali.

Pastikan untuk mendapatkan filter yang tepat, sesuai dengan persyaratan sistem dan rumah Anda. Juga, dapatkan ahli untuk mengganti filter.

Baca juga: 6 Tanda AC Membutuhkan Perbaikan dan Perlu Diganti

2. Bersihkan area di sekitar unit luar

Bila ada debu dan kotoran di sekitar unit luar AC Anda, hal itu akan menghalangi unit dan dapat mengganggu kerja komponen di dalam unit tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com