Kompas.com - 02/12/2021, 11:59 WIB
Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner), menyalakan AC. SHUTTERSTOCK/SEASONTIMEIlustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner), menyalakan AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang paling diandalkan untuk menyejukkan ruangan di saat cuaca panas, AC menjadi terus menerus bekerja selama suhu udara memanas.

Selama waktu ini, mungkin AC telah mengalami keausan, mengumpulkan debu, kotoran, dan bahkan memerlukan beberapa penggantian komponen. 

Untuk itu, dilansir dari Mrright.in, Kamis (2/11/2021), sebelum Anda memulai sistem Anda untuk udara panas yang berkepanjangan, pastikan dalam kondisi AC berjalan dengan aman dan efisien.

Baca juga: Ragam Istilah Teknis pada AC yang Perlu Diketahui

Ada beberapa tips atau langkah yang membantu Anda menyiapkan AC di saat udara panas yang berkepanjangan. 

Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).

1. Ganti filter 

Filter yang digunakan pada AC memiliki masa pakai tertentu, setelah itu filter tersebut memperburuk kualitas udara dalam ruangan Anda alih-alih meningkatkannya dan karenanya, perlu diganti.

Beberapa filter perlu diganti setidaknya sekali setiap bulan sementara beberapa filter perlu diganti setiap tiga bulan sekali.

Pastikan untuk mendapatkan filter yang tepat, sesuai dengan persyaratan sistem dan rumah Anda. Juga, dapatkan ahli untuk mengganti filter.

Baca juga: 6 Tanda AC Membutuhkan Perbaikan dan Perlu Diganti

2. Bersihkan area di sekitar unit luar

Bila ada debu dan kotoran di sekitar unit luar AC Anda, hal itu akan menghalangi unit dan dapat mengganggu kerja komponen di dalam unit tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Mr Right
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.