Kompas.com - 02/12/2021, 09:08 WIB
Ilustrasi keluarga berkumpul di rumah. SHUTTERSTOCK/FIZKESIlustrasi keluarga berkumpul di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih penting dari merasa bahagia di rumah sendiri. Dengan kondisi pandemi yang membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, penting untuk membuat rumah sebagai tempat yang membuat kita merasa nyaman.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (2/12/2021), studi telah menemukan bahwa lingkungan dapat memiliki pengaruh besar pada cara kita berpikir dan merasa. Dengan demikian, penting untuk membuat ruang hidup dan pilihan desain interior kondusif untuk berpikir positif.

"Jika Anda menginginkan perubahan pribadi yang positif dalam bentuk apa pun, Anda harus terlebih dahulu menangani lingkungan Anda," kata Michelle Ogundehin dalam bukunya Happy Inside.

Baca juga: Menurut Psikolog, 8 Warna Cat Dinding Ini Bisa Bikin Anda Bahagia

"Kita semua membutuhkan rumah yang mendukung, bukan merusak, kesejahteraan kita," imbuh dia.

Di samping itu, kini penting untuk memiliki ruang yang aman untuk bersantai. Oleh karena itu, semakin penting bahwa rumah kita mendukung kita, sebagai ruang pengasuhan, sensorik, dan sentuhan.

"Bukan sebagai isolasi dari kehidupan kontemporer, tetapi memperkuat kita, tubuh dan jiwa, untuk menghadapinya," jelas Ogundehin.

Memiliki rumah yang menciptakan kebahagiaan tidak hanya akan berdampak positif pada kesejahteraan Anda sendiri, namun juga dapat memelihara dan mendukung hubungan yang bahagia dan memuaskan.

Baca juga: Dua Warna Cat Dinding Ini Bikin Anda Bahagia di Rumah, Apa Saja?

Berikut beberapa hal dalam desain interior yang dapat membuat Anda merasa bahagia di rumah.

1. Gunakan warna yang membangkitkan suasana hati dan energi

Warna ceria yang meningkatkan suasana hati akan membawa optimisme dan energi ke ruang mana pun, tetapi sangat cocok untuk ruang sehari-hari yang sibuk seperti dapur, ruang keluarga, dan lorong rumah.

"Dengan lebih banyak dari kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, rumah menjadi ruang untuk bersantai dan beristirahat, tetapi juga tempat di mana kita ingin mengelilingi diri kita dengan kegembiraan, warna dan pola yang membuat kita bahagia," sebut Ruth Mottershead, direktur kreatif Little Greene.

Ide ruangan berwarna kuning memberikan hal positif pada sebuah ruang. Ini adalah warna yang membuat kita merasa bersemangat, bahagia, dan berenergi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.