Kompas.com - 01/12/2021, 22:51 WIB
Ilustrasi AC di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/JR-STOCKIlustrasi AC di kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cukup banyak orang yang masih bingung dengan beragam istilah teknis yang ada pada AC.

Hal ini tentu membuat kesulitan saat menangani AC yang mengalami masalah atau kerusakan. Karena itu, penting untuk mengetahui beberapa istilah teknis pada AC agar memudahkan penggunaan dan menangani masalah pada AC. 

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (1/12/2021), berikut berbagai istilah teknis pada AC yang perlu diketahui. 

Baca juga: 6 Tanda AC Membutuhkan Perbaikan dan Perlu Diganti

Freon

Freon adalah salah satu komponen penting pada AC yang berfungsi mendinginkan udara di ruangan. Freon AC yang bermasalah seperti mengalami kebocoran bisa menyebabkan AC tidak lagi dingin. 

PK

Ilustrasi AC.SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIO Ilustrasi AC.
PK merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan besaran atau kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan. PK adalah singkatan dalam bahasa Belanda, yakni paard kracht yang memiliki arti daya kuda.

Pada unit AC, terdapat beberapa macam besaran PK, dari 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 1 1/2 PK, hingga 2 PK. Besaran PK AC ini akan menentukan luas ruangan yang sesuai. Semakin luas ruangan, semakin besar PK yang diperlukan. 

Baca juga: Kenali, Ini 6 Jenis AC yang Bisa Dipasang di Rumah

Evaporator

Evaporator komponen AC split yang sangat penting karena pada bagian inilah proses pendinginan terjadi.

Komponen AC satu ini terbuat dari pipa-pipa tembaga dengan ukuran kecil dan melingkar yang dililit oleh kisi-kisi aluminium. Pada bagian dalam pipa-pipanya, terdapat bahan pendingin atau biasa disebut refrigant jenis freon

Baca juga: 6 Cara Mudah Membuat Ruangan Sejuk Tanpa Perlu AC

Inverter

Inverter merupakan salah satu fitur pada AC yang berfungsi menjaga suhu udara sesuai dengan keinginan pengguna, tapi hemat daya listrik.

Ketika dibekali dengan teknologi inverter, artinya AC dirancang hemat energis sehingga membuat tagihan listrik tidak meningkat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.