Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Efektif Saat Udara Panas

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang paling diandalkan untuk menyejukkan ruangan di saat cuaca panas, AC menjadi terus menerus bekerja selama suhu udara memanas.

Selama waktu ini, mungkin AC telah mengalami keausan, mengumpulkan debu, kotoran, dan bahkan memerlukan beberapa penggantian komponen. 

Untuk itu, dilansir dari Mrright.in, Kamis (2/11/2021), sebelum Anda memulai sistem Anda untuk udara panas yang berkepanjangan, pastikan dalam kondisi AC berjalan dengan aman dan efisien.

Ada beberapa tips atau langkah yang membantu Anda menyiapkan AC di saat udara panas yang berkepanjangan. 

1. Ganti filter 

Filter yang digunakan pada AC memiliki masa pakai tertentu, setelah itu filter tersebut memperburuk kualitas udara dalam ruangan Anda alih-alih meningkatkannya dan karenanya, perlu diganti.

Beberapa filter perlu diganti setidaknya sekali setiap bulan sementara beberapa filter perlu diganti setiap tiga bulan sekali.

Pastikan untuk mendapatkan filter yang tepat, sesuai dengan persyaratan sistem dan rumah Anda. Juga, dapatkan ahli untuk mengganti filter.


Penyumbatan ini memengaruhi kinerja dan efisiensi sistem Anda. Anda juga dapat memasang jaring di sekelilingnya untuk mencegah daun dan kotoran lainnya mencapai unit.

3. Pasang termostat yang dapat diprogram

Termostat sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan suhu yang diinginkan di dalam rumah Anda.

Termostat pintar atau yang dapat diprogram adalah peningkatan dari yang lama. Termostat yang dapat diprogram membantu Anda mengontrol suhu rumah melalui perangkat pintar Anda, dari mana saja.

Ini juga membantu dalam menghemat energi dan biaya.

Sangat mudah untuk memasang termostat yang dapat diprogram dan Anda dapat melakukannya sendiri, tetapi jika Anda sedikit ragu, hubungi seorang profesional.

4. Bersihkan jalur kondensasi

Jika saluran kondensasi tersumbat, kondensasi yang dibawanya dari AC akan terperangkap di dalam sistem. Saluran pembuangan kondensasi yang tersumbat akan menyebabkan meluapnya panci pembuangan, menyebabkan kebocoran di rumah Anda.

Kebocoran dari saluran pembuangan akan membuat rumah Anda berantakan, yang mengakibatkan tagihan perbaikan yang besar.

Jadi, sebelum Anda menyalakan AC  hilangkan air dengan lap atau gunakan penyedot debu untuk membuang air di saluran pembuangan.

Setelah membuang air, Anda harus membersihkan panci pembuangan dengan sabun dan air untuk menghilangkan semua jenis ganggang atau pertumbuhan biologis lainnya.

5. Periksa isolasi

Ada saluran pendingin yang mengalir dari unit luar ruangan Anda ke sistem AC di dalam rumah Anda.


Saluran pendingin memiliki dua saluran tembaga yang bertanggung jawab untuk membawa udara dingin dan udara panas.

Garis yang lebih besar membawa udara dingin dan biasanya terisolasi. Garis yang lebih besar terisolasi ini juga dikenal sebagai garis hisap atau uap.

Saluran hisap diisolasi untuk melindunginya dari pembentukan kondensasi pada pipa yang dapat menyebabkan kecelakaan, dan juga untuk mencegah refrigeran mengumpulkan panas ekstra.

Jadi, periksa saluran pendingin untuk kerusakan apa pun untuk mencegah kerusakaan dan peningkatan tagihan perbaikan.

Jika insulasi benar-benar hilang, atau robek, atau retak, atau terkelupas, hubungi profesional sebelum menyalakan AC Anda. Perbaiki isolasi paling awal.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/02/115900176/5-cara-membuat-ac-bekerja-lebih-efektif-saat-udara-panas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke