Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2021, 15:52 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Selain mempercantik ruangan dan menyatukan dekorasi, mugkin Anda bertanya-tanya, apakah manfaat lain yang dapat diberikan ketika memelihara kaktus di rumah?

Ada banyak manfaat, baik secara emosional maupun fisik, dengan memelihara kaktus di rumah. Ini termasuk kualitas udara yang lebih baik, suasana hati yang meningkat, produktivitas yang lebih tinggi, manfaat terapeutik, dan pada anak-anak, rasa tanggung jawab dan pencapaian.

Melansir dari Cactusway pada Sabtu (27/11/2021) berikut ini manfaat memelihara kaktus di rumah.

Baca juga: Tanaman Sukulen dan Kaktus Cocok untuk Pemula, Ini Alasannya

Kualitas udara yang lebih baik

Saat kita bernafas, kita mengubah oksigen menjadi karbon dioksida. Karbon dioksida adalah racun yang kita keluarkan dan racun yang tumbuh subur dan diubah kembali menjadi oksigen.

Kaktus menyerap karbon dioksida yang dilepaskan di rumah dan mengubahnya menjadi oksigen segar dan bersih untuk Anda dan keluarga Anda hirup saat Anda berada di dalam.

Ini adalah nilai tambah yang jelas untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama ketika Anda mempertimbangkan seberapa tercemar udara dalam ruangan.

Tanaman ini juga akan mengurangi kadar beberapa polutan rumah, seperti nitrogen dioksida dan benzena. Jadi, semakin banyak kaktus yang Anda miliki di dalam, semakin baik kualitas udara Anda.

Baca juga: 6 Tanaman Kaktus yang Bisa Diletakkan di Dalam Ruangan

Membuat suasana hati lebih bahagia

Memiliki tanaman seperti kaktus di dalam ruangan dapat membawa perasaan tenang dan meningkatkan mood Anda.

Lagi pula, siapa yang hanya ingin terjebak di dalam tanpa keindahan alam? Ini bukan hanya teori; sudah terbukti berkali-kali oleh penelitian.

Penampilan kaktus yang imut dan berwarna-warni membantu menghilangkan stres dan juga mengurangi depresi terkait stres saat kami secara aktif mentransfer stres kami ke dalam merawat kaktus.

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Kaktus di Dalam Ruangan agar Subur dan Sehat

Lebih produktif

Ilustrasi tanaman kaktus di dalam pot. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi tanaman kaktus di dalam pot.

Apakah Anda bekerja dari rumah atau memiliki kaktus di kantor Anda, tanaman pot kecil ini dapat membuat Anda lebih produktif selama hari kerja.

Seiring dengan meningkatkan mood Anda, memiliki kaktus dalam ruangan dapat membuat Anda merasa lebih energik dan siap untuk menjalani hari.

Baca juga: 7 Tanaman Kaktus Raksasa yang Cocok Dipelihara di Dalam Rumah

Pengalaman yang luar biasa

Memelihara kaktus di dalam ruangan adalah pengalaman belajar yang hebat. Jika Anda tidak pernah merawat tanaman atau ingin memperluas wawasan berkebun Anda, merawat tanaman dalam ruangan adalah pengalaman berharga yang tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu Anda dengan perawatan, sambil tetap memungkinkan Anda menikmati elemen alami.

Menenangkan

Meskipun ini mungkin tidak berlaku untuk setiap rumah tangga, perlu disebutkan bahwa memiliki kaktus di dalam ruangan berpotensi membantu seseorang yang sakit pulih lebih cepat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com