Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 4 Warna Cat yang Dapat Mengganggu Tidur

Kompas.com - 21/11/2021, 08:43 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna adalah sebuah spektrum yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi seseorang untuk tidur.

Ada beberapa warna cat yang dapat menunjang tidur, sedangkan sebagian mengganggu tidur, bahkan sulit tidur, sehingga harus dihindari untuk dinding kamar tidur.  

Baca juga: 9 Warna Cat Dinding yang Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar

Salah satu warna cat terbaik untuk menunjang tidur adalah biru. Kamar tidur dengan cat dinding berwarna biru dianggap memberi ketenangan saat tidur.

Dilansir dari Tuck, Minggu (21/11/2021), menurut sebuah survei Travelodge dari 2.000 warga Inggris, mereka yang memiliki kamar tidur biru menikmati rata-rata tujuh jam dan 52 menit tidur setiap malam.

Sementara, orang-orang dengan cat kamar tidur berwarna abu-abu, cokelat, atau ungu secara teratur tidur dalam jumlah waktu yang tidak sehat, yakni kurang dari tujuh jam setiap malam.

Nah, berikut ini beberapa warna cat yang dapat mengganggu tidur.  

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Memperoleh Tidur Nyenyak

Ungu

Ungu adalah warna cat terburuk untuk kamar tidur karena bisa membuat seseorang untuk tidur selama lima jam dan 56 menit setiap malam.

Selain itu, ungu merupakan warna yang merangsang mental, meningkatkan kreativitas, dan berkontribusi pada mimpi buruk. 

Baca juga: 8 Warna Cat Favorit untuk Ruang Makan yang Mengundang

Abu-abu

Ilustrasi warna cat abu-abuUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi warna cat abu-abu
Meski tidak seburuk ungu, abu-abu masuk dalam daftar warna cat terburuk untuk kamar tidur karena kemampuannya menekan dan tidak menginspirasi.

Berdasarkan survei dari Travelodge, seseorang dengan cat kamar tidur abu-abu hanya tidur selama enam jam dan 12 menit setiap malam.  

Baca juga: 4 Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur

Cokelat

Sama dengan abu-abu, cokelat juga menjadi warna yang menjemukan, juga suram. Kamar tidur dengan dinding cokelat cenderung menciptakan rasa gelisah. 

Merah

Merah adalah warna yang penuh gairah dan energik yang dapat meningkatkan tekanan darah serta menginspirasi untuk bergerak lebih cepat sehingga tidak memiliki sensasi yang mendorong untuk tidur. 

Perlu diingat, warna cat yang terlalu terang atau berani akan merangsang dan menciptakan rasa waspada, bukan rasa rileks. Karena itu, hindari warna-warna cat yang terlalu terang untuk kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com