Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kulkas Perlu Dibersihkan Secara Rutin dan Cara Membersihkannya

Kompas.com - 18/11/2021, 17:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS,com - Langkah pertama dan terpenting menjalani pola hidup sehat adalah menjaga lingkungan tetap bersih, termasuk menyimpan makanan dalam kulkas.

Meski menjadi alat elektronik yang bisa menyimpan makanan untuk waktu lama, kulkas tidak akan bekerja efektif jika kotor dan jarang dibersihkan. 

Baca juga: Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas dengan Ekstrak Vanila

Melansir dari Times of India, Kamis (18/11/2021), kulkas idealnya harus dibersihkan setiap dua bulan sekali untuk menjaga makanan tetap segar serta mencegah penyakit bawaan makanan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penyakit yang disebabkan makanan sebagian besar disebabkan kulkas yang kotor karena menjadi tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya seperti salmonella, E-coli, dan listeria. 

Baca juga: Permukaan Kulkas Lecet? Atasi dengan Cara Ini 

Mengapa harus membersihkan kulkas

Alasan terpenting menjaga kebersihan kulkas adalah mencegah kuman berkembang biak yang dapat menyebabkan penyakit seperti keracunan makanan.

Seseorang cenderung menumpuk barang belanjaan tanpa menghabiskannya. Akibatnya, bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan akan membusuk dan memberi ruang bagi kuman untuk mulai berkembang biak.

Kulkas menjadi tulang punggung seluruh dapur dan dapur adalah tulang punggung rumah Anda. Karena itu, sangat penting membersihkan dan merawat kulkas.

Lantas, berapa kali kulkas harus dibersihkan? 

Jika kulkas diisi makanan segar setiap minggu, disarankan membersihkan kulkas setidaknya sekali setiap bulan dengan air sabun hangat. Bisa pula membersihkan kulkas setiap dua bulan sekali. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kulkas Baru 

Bagaimana cara membersihkan kulkas? 

Ilustrasi membersihkan kulkas.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi membersihkan kulkas.
Cara tepat membersihkan kulkas adalah deep cleaning atau pembersihan mendalam. Anda harus mengosongkan kulkas sepenuhnya dan mengeluarkan semua rak di dalamnya.

Cuci setiap rak dengan air sabun panas dan gunakan air yang sama untuk mencuci bagian dalam kulkas. Pastikan mematikan kulksa dari sakelar utama sebelum membersihkannya. 

Cuci kulkas dengan benar menggunakan air bersih serta kain bersih dan kering untuk menyeka semua kelebihan air.

Langkah ini juga bisa dilakukan untuk membersihkan freezer juga. Periksa makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa dan buang.

Demikian pula, cari buah dan sayuran yang rusak dan singkirkan. Keringkan rak sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. 

Baca juga: Catat, 7 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Dalam Kulkas 

Tips menjaga kulkas tetap bersih dan sehat

Meski membersihkan kulkas secara teratur adalah salah satu cara terbaik menjaga kebersihannya dan lingkungan yang sehat untuk makanan, pertimbangkan hal-hal lain untuk mencegah penyakit bawaan makanan ke tingkat lebih besar seperti berikut ini.  

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com