Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Dinding Tanpa Harus Merusak Cat dan Melubanginya

Kompas.com - 13/11/2021, 14:52 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah Anda ingin menggantuk karya seni atau mendekorasi dinding di rumah? Baik foto atau lukisan, hiasan dinding memiliki kemampuan luar biasa untuk menyatukan ruang dalam sekejap.

Sayangnya, jika Anda masih menyewa rumah atau apartemen dan kos, memaku dinding tentu tak boleh sembarangan.

Jika dinding rusak dan berlubang maka denda sewa pun takterelakkan. Ada banyak cara untuk menggantung karya seni tanpa membuat satu lubang pun di dinding.

Lantas bagaimanan caranya? Melansir dari Martha Stewart pada Sabtu (13/11/2021) berikut ini penjelasannya.

Baca juga: 7 Jenis Bunga yang Cocok Dikeringkan untuk Dekorasi Ruangan

Cat magnetik

Untuk mendesain dinding galeri yang dapat diatur ulang sesuka hati, gunakan magnet berperekat di bagian belakang hiasan atau foto Anda.

Anda bahkan dapat mencoba melukis cat magnetik dalam bentuk aksen yang menyenangkan di sekitar karya seni.

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet agar Jadi Elemen Dekorasi Ruangan yang Menarik

Tali dan japitan

Pilihan lain? Gunakan selotip atau tali dan japitan untuk mengikat seutas benang di dinding Anda, lalu gunakan klip dekoratif atau jepitan untuk menampilkan cetakan di sepanjang garis.

Digantung pada langit-langit

Jika Anda memiliki wainscot atau dinding ubin yang rumit, dorong kait ke langit-langit sebagai dekorasi. Kemudian, Anda dapat menggunakan tali, kulit, atau rantai untuk menahan karya seni yang dibingkai.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cocok Jadi Dekorasi Ruangan

Jaring dan kawat

Jika Anda ingin menempati lebih banyak ruang vertikal, Anda bisa mengguakan kawat sebagai metode yang sempurna untuk area ruang tamu. Cukup gunakan jepitan untuk menempelkan cetakan atau foto favorit Anda.

Rak tangga sudut

Contoh dekorasi dinding fungsional untuk merayakan momen Natal.Dok. IKEA Contoh dekorasi dinding fungsional untuk merayakan momen Natal.

Foto dan cetakan tampak bagus ditampilkan di rak tangga, karena karya seni yang disandarkan adalah cara yang bagus untuk menambah dimensi pada sebuah ruangan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cocok Jadi Dekorasi Ruangan

Pembatas ruangan

Cara lain yang menyenangkan untuk menata karya seni kecil menjadi semacam dinding galeri? Di layar lipat atau pembatas ruangan. Ini berfungsi sebagai cara terbaik untuk membagi apartemen studio menjadi beberapa "kamar", sekaligus menciptakan titik fokus yang keren.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com