Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Berwarna Hitam dan Putih

Kompas.com - 05/11/2021, 09:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Nat keramik berwarna gelap adalah pilihan populer untuk ubin kamar mandi dan dapur karena tidak menunjukkan kotoran seperti nat berwarna lebih terang.

Namun, sementara mereka menyembunyikannya lebih baik, nat gelap masih bisa mengumpulkan debu dan kotoran dan juga dapat mengambil noda. Pembersihan secara teratur sangat penting terlepas dari warna nat.

Dengan mengingat hal itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan nat yang gelap untuk menghindari perubahan warna.

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

Melansir dari Hunker, Jumat (5/11/2021) jika nat coklat Anda berubah menjadi putih, itu mungkin karena pembungaan, yang terjadi ketika garam dan mineral lain dari ubin atau lantai keramik muncul ke permukaan.

Untuk beberapa area komersial atau industri, pembersih mungkin menggunakan pencuci berbahan dasar asam, tetapi ini tidak disarankan untuk rumah. Asam dapat merusak ubin serta nat, dan itu juga tidak baik untuk manusia.

Gunakan sikat dengan bulu kaku untuk menghilangkan noda. Proses ini membutuhkan waktu dan kesabaran.

Sikat nat dengan lembut, menyedot debu sisa sesuai kebutuhan. Lanjutkan prosesnya sampai semua noda putih hilang.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

Sealer nat dapat membantu mencegah pembungaan kembali dan ditemukan di toko perbaikan rumah atau ruang pamer ubin. Bicaralah dengan profesional untuk menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti semua petunjuk pada label.

Cara membersihkan nat keramik berwarna gelap

Ada berbagai pembersih nat yang tersedia di toko perlengkapan rumah. Baca label untuk mengetahui produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk pada label.

Jika Anda tidak yakin produk apa yang akan digunakan, tenaga penjual dapat membantu. Hindari penggunaan pemutih atau peroksida pada nat yang berwarna gelap karena akan menyebabkan perubahan warna dan dapat melemahkan nat.

Larutan setengah air dan setengah cuka juga efektif untuk membersihkan nat gelap dan nat lantai putih. Isi botol semprot dengan larutan dan oleskan langsung ke nat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com