Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Keramik Dapur Terbaik Saat Mendesain Ulang

Kompas.com - 15/09/2021, 23:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika datang untuk melakukan pembaruan atau mendesain ulang di rumah, dapur adalah tempat yang mudah untuk memulainya. 

Namun, terkadang mendesain ulang dapur cukup menyulitkan lantaran bingung memilih inspirasi yang tepat. 

Elemen pertama yang disarankan untuk mendesain ulang dapur adalah keramik, baik itu keramik lantai dapur maupun meja backsplash.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Dapur Putih agar Semakin Cantik dan Menyenangkan

Lantai dapur adalah cara bagus untuk membangun keseimbangan tekstur pada dapur mana pun. Ada banyak tekstur keramik atau lantai dapur yang modern.

Mulai dari, mengkilap, matte, terang, gelap, bermotif, dan polos. Tekstur tersebut sering kali bisa menjadi bahan tambahan yang dapat memberi dapur karakter uniknya. 

Melansir dari laman My Domaine, Rabu (16/9/2021), ada cara memilih keramik dapur terbaik  ketika mendesain ulang dapur seperti di bawah ini. 

Baca juga: Cara Mudah Usir Serangga di Dapur, Pakai Daun Salam

Bermain dengan pola 

Di dapur karya Nina Dobrev, keramik pada meja backsplash sama sekali tidak mendasar.

Dobrev memilih model keramik geometris hitam-putih yang kontras untuk meja backsplash dan kabinet biru pucat sehingga menciptakan dampak besar pada tampilan keramik.

Ia juga memilih menggunakan lantai dapur subway berwarna putih yang diletakkan dalam pola herringbone. Perangkat keras tembaga dan aksen kayu hangat memberikan beberapa lekukan untuk melengkapi ruang dapur geometris ini. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Karat pada Peralatan Dapur 

Jangan takut warna

Ketika memilih lantai dapur, jangan takut memilih warna-warna berani atau cerah. Misalnya, lantai keramik biru-putih dapat dapur semakin bergaya. 

Dengan dinding dan lemari putih cerah, lantai dapur berpola dapat membuat pernyataan berani sambil mempertahankan daya tarik klasik. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Dapur Kecil Terasa Nyaman dan Menyenangkan 

Mencampur arah keramik

Untuk sentuhan baru pada lantai dapur subway klasik, cobalah sudut yang berbeda. Mencampur keramik atau lantai subway horizontal dan vertikal dapat menciptakan riff halus pada meja backsplash klasik. 

Tambahkan beberapa keramik yang bersinar

Dapur yang cerah membuat sebagian besar ruang tetap matte dan tidak bersuara. Namun, menggunakan keramik yang super mengkilap pada dinding di depan meja backsplash dapat memberikan sedikit kilau.  

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Keran Dapur Baru 

Perkenalkan nada baru

Umumnya, keramik dapur menggunakan palet warna netral seperti putih untuk tampilan bersih dan mewah. Namun, warna ini erkadang bisa membuat ruangan terasa sedikit dingin.

Untuk itu, cobalah menggunakan keramik dengan nada warna baru seperti keramik lamntai abu-abu mengkilap dapat memberi kelembutan serta menambah kehangatan di dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com