Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Anjing Menggali Halaman dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 30/10/2021, 09:50 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Petsy

JAKARTA, KOMPAS.com—Menggali adalah perilaku yang dilakukan oleh sebagian besar anjing yang tinggal di luar ruangan. Perilaku ini juga mulai menjadi masalah bagi anjing yang tinggal di apartemen, ketika mereka mulai menggali pot tanaman.

Beberapa pemilik anjing mengeluhkan perilaku ini. Pasalnya, perilaku menggali sudah merusak taman milik kita, atau bahkan taman milik tetangga hingga taman publik.

Kadang-kadang menggali tidak berbahaya, terutama jika itu untuk melepaskan energi yang terpendam atau sekadar bermain, tetapi ketika menggali adalah akibat dari stres, kecemasan, atau pelarian, itu mulai menjadi masalah yang lebih serius dan mendesak.

Mengapa anjing menggali?

Tugas penting dalam membatasi penggalian adalah memahami mengapa hal itu terjadi, anjing menggali karena beberapa alasan yang unik dan berbeda pada masing-masing anjing.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anjing suka menggali seperti dilansir dari Petsy, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: 5 Tanda Anjing Butuh Perhatian

1. Untuk kesenangan

Anak anjing suka menggali. Tanpa alasan yang jelas, mereka menikmati menggali melalui kebun, terutama jika ras mereka awalnya dibiakkan untuk menggali seperti, Dachshund.

Paling sering, anak anjing menganggap ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengeluarkan energi mereka yang terpendam terutama jika mereka tidak cukup berolahraga.

2. Pereda stres

Seekor anjing yang tidak memiliki penyalur dari energinya dalam bentuk latihan dan stimulasi mental akan beralih ke apa yang kita sebut perilaku merusak, seperti, mengunyah, melolong, mencakar, dan seringkali menggali.

Seperti bagaimana beberapa orang gemar menggenggam slime untuk menghilangkan stres, menggali memiliki efek yang sama pada anjing.

3. Meniru mangsa berburu

Jenis tertentu seperti Dachshund, Schnauzer, dan Beagle pada awalnya dibiakkan untuk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com