Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Anjing Menggali Halaman dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com—Menggali adalah perilaku yang dilakukan oleh sebagian besar anjing yang tinggal di luar ruangan. Perilaku ini juga mulai menjadi masalah bagi anjing yang tinggal di apartemen, ketika mereka mulai menggali pot tanaman.

Beberapa pemilik anjing mengeluhkan perilaku ini. Pasalnya, perilaku menggali sudah merusak taman milik kita, atau bahkan taman milik tetangga hingga taman publik.

Kadang-kadang menggali tidak berbahaya, terutama jika itu untuk melepaskan energi yang terpendam atau sekadar bermain, tetapi ketika menggali adalah akibat dari stres, kecemasan, atau pelarian, itu mulai menjadi masalah yang lebih serius dan mendesak.

Mengapa anjing menggali?

Tugas penting dalam membatasi penggalian adalah memahami mengapa hal itu terjadi, anjing menggali karena beberapa alasan yang unik dan berbeda pada masing-masing anjing.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anjing suka menggali seperti dilansir dari Petsy, Sabtu (30/10/2021).

1. Untuk kesenangan

Anak anjing suka menggali. Tanpa alasan yang jelas, mereka menikmati menggali melalui kebun, terutama jika ras mereka awalnya dibiakkan untuk menggali seperti, Dachshund.

Paling sering, anak anjing menganggap ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengeluarkan energi mereka yang terpendam terutama jika mereka tidak cukup berolahraga.

2. Pereda stres

Seekor anjing yang tidak memiliki penyalur dari energinya dalam bentuk latihan dan stimulasi mental akan beralih ke apa yang kita sebut perilaku merusak, seperti, mengunyah, melolong, mencakar, dan seringkali menggali.

Seperti bagaimana beberapa orang gemar menggenggam slime untuk menghilangkan stres, menggali memiliki efek yang sama pada anjing.

3. Meniru mangsa berburu

Jenis tertentu seperti Dachshund, Schnauzer, dan Beagle pada awalnya dibiakkan untuk


menggali di bawah tanah dan membuang hewan buruan kecil.

Selama bertahun-tahun, meskipun ada penurunan yang signifikan dalam kebutuhan mereka untuk berburu, mereka masih mempertahankan naluri berburu mereka yakni, dengan menggali.

4. Untuk mencari perhatian

Apakah kamu akan lebih memperhatikan anjing ketika dia berbaring di tempat tidurnya atau ketika dia sedang menggali bunga-bunga cantik yang ada di taman rumah?

Ketika seekor anjing mengetahui bahwa perilaku tertentu - baik atau buruk, adalah cara untuk mendapatkan perhatian, dia akan melakukannya lagi dan lagi.

Ini terutama berlaku untuk anjing yang mendambakan perhatian manusia atau memiliki kesempatan terbatas untuk berinteraksi dengan manusia.

5. Untuk melarikan diri

Seekor anjing betina yang sedang kepanasan, seorang yang sedang berlari, seekor tupai yang melesat ke atas pohon, bisa menjadi pemicu anjing ingin keluar dari halaman.

Jika gerbang depan terkunci, anjing mungkin akan menggali terowongan untuk masuk ke jalan.

Selain itu, anjing dapat melarikan diri dari sesuatu yang tidak mereka sukai. Misalnya, anjing yang tidak suka mandi dapat melarikan diri melalui terowongan yang telah digali sebelumnya.

6. Kecemasan akan perpisahan

Ketika mereka melihat kamu pergi melalui pintu depan, satu-satunya cara untuk mengikutimu adalah dengan menggali tanah.

Kecemasan perpisahan adalah perasaan stres yang tak terkendali, gugup, dan merupakan kecemasan terus-menerus.

Anjing dalam keadaan seperti itu dapat melakukan penghancuran dalam bentuk penggalian sebagai sarana untuk melepaskan stres itu.

7. Kesendirian

Jika kamu harus meninggalkan anjing sendirian untuk waktu yang lama, mereka bisa kesepian. Dan ketika mereka kesepian, mereka beralih ke hampir semua hal untuk membuat mereka


sibuk, termasuk menggali.

  • Kesenangan: Beberapa anjing suka menggali, meskipun tidak memiliki masalah yang disebutkan di atas. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah memiliki kotak penggali atau tempat khusus di kebun yang hanya diperuntukkan bagi anjing untuk menggali. Ini juga akan membantu jika kamu menyembunyikan suguhan di kotak penggalian untuk membuat penggalian itu terarah.
  • Tidak berolahraga: Pastikan anjing berolahraga sesuai dengan usia dan tingkat aktivitasnya. Kamu juga dapat memilih latihan yang berbeda selama seminggu agar kamu dan anak anjing tidak merasa bosan.
  • Tidak ada mainan: Miliki satu set mainan anjing yang bisa kamu gunakan secara rutin agar tidak bosan. Bermainlah dengan mereka menggunakan mainan aktif dan interaktif seperti bola, cakram, dan tali.
  • Kebosanan dan Kesepian: Pastikan kamu menghabiskan cukup waktu dengan anjing di siang dan malam hari. Namun saat bersama, kamu harus benar-benar mencurahkan
    waktumu untuk mereka tanpa bermain ponsel.
  • Panas: Jika kamu memiliki anjing berbulu panjang yang tinggal di cuaca panas, pastikan ia memiliki ventilasi yang cukup dan akses ke udara sejuk di siang hari.
  • Melarikan diri: Jika anjing menggali untuk melarikan diri, tutup sisi lain pagar dengan batu besar atau kawat ayam.
  • Kecemasan Pemisahan: Dalam kasus seperti itu, berbicara dengan ahli perilaku anjing atau dokter hewan bersertifikat dapat membantu.

Cara terbaik untuk mengekang perilaku yang tidak diinginkan ini adalah dengan memahami mengapa hal itu terjadi dan mencari solusi terbaik untuk itu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/30/095000576/alasan-anjing-menggali-halaman-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke