Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Rumah agar Nyaman dan Bikin Anda Bahagia

Kompas.com - 27/10/2021, 11:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat masa-masa pandemi berlangsung, bagi banyak orang rumah merupakan tempat kerja, istirahat, dan hiburan utama mereka.

Oleh karena itu, rumah harus didesain dengan nyaman agar pemilik dapat beraktivitas dengan nyaman di dalam ruangan-ruangan tersebut.

Melansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (27/10/2021) ruangan di dalam rumah dapat berdampak signifikan pada suasana hati sehari-hari pemiliknya, sehingga ruangan yang bahagia dibutuhkan untuk saat ini.

Baca juga: 6 Kesalahan Dekorasi yang Bikin Ruangan Terlihat Selalu Berantakan

Meskipun mendesain rumah bahagia sangat pribadi, elemen tertentu dapat berkontribusi untuk lebih banyak kegembiraan di sekitar rumah, menurut laporan baru dari layanan desain interior online Modsy. 

Ilustrasi ruang keluarga.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang keluarga.

Dalam kemitraan dengan psikolog sosial Lindsay T Graham di UC Berkeley,  Amerika Serikat perusahaan melakukan survei terhadap lebih dari 1.500 orang untuk menentukan bagaimana desain rumah berdampak pada kesejahteraan. 

Berikut gaya dekorasi, warna, dan karakteristik lain yang paling erat kaitannya dengan rumah yang bahagia dan tenang dari hasil survei tersebut. 

1. Suasana tenang dan nyaman

Rumah yang bahagia adalah rumah yang nyaman. Ketika diminta untuk membayangkan bagaimana perasaan mereka ketika berada di rumah yang dirancang dengan baik, mayoritas peserta survei tertarik pada perasaan nyaman dan tenang.

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet agar Jadi Elemen Dekorasi Ruangan yang Menarik

Sebaliknya, hanya sekitar 10 persen responden yang mengaitkan desain yang baik dengan perasaan produktif, dan persentase yang lebih kecil lagi mengaitkannya dengan perasaan berenergi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com