Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 18:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak anggapan bahwa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa melihat hantu alias makhluk halus. Namun demikian, apakah benar kucing bisa melihat hantu?

Dilansir dari Daily Paws, Sabtu (16/10/2021), menurut pakar kesehatan dan perilaku kucing Jackson Galaxy, salah satu kemungkinan mengapa kita berpikir kucing melihat hantu adalah karena kemampuan bawaan kucing. Dia mengatakan, indera kucing lebih tinggi daripada manusia.

"Misalnya, penglihatan cahaya rendah mereka jauh lebih unggul dari kita. Antara senja dan fajar, para pemburu yang tidak percaya ini harus dapat melihat pada cahaya rendah atau hampir tidak ada cahaya, bergantung pada bulan, agar tetap dapat menangkap mangsanya," kata Galaxy.

Baca juga: Kenapa Kucing Tidur di Dalam Kotak Pasirnya? Cermati 2 Faktor Ini

Ilustrasi kucing melihat jendelaUNSPLASH/James Fitzgerald Ilustrasi kucing melihat jendela

Galaxy menjelaskan, kucing juga memiliki tapetum lucidum, yang merupakan lapisan jaringan di belakang retina yang mengumpulkan semua cahaya dan kemudian memantulkannya kembali.

"Yang pada dasarnya menghasilkan cahaya di mata mereka ketika tidak ada cahaya," jelas dia.

Galaxy mengatakan bahwa kucing memiliki indera luar biasa lainnya yang kerap kali disalahartikan sebagai kemampuan untuk melihat hantu. Pertama, kucing dapat mendengar sekitar 1,5 oktaf lebih tinggi dari yang bisa didengar manusia

Selain itu, persepsi penciuman kucing 9–16 kali lebih besar, ditambah lagi kucing memiliki organ pengumpul aroma sekunder yang disebut organ Jacobson atau vomeronasal. Organ ini memungkinkan mereka mencium hal-hal yang tidak bisa dicium oleh manusia.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Menguyah Kabel? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Anda akan melihat kucing menggunakannya saat mulut mereka terbuka sebagian dengan bibir atas melengkung, yang dikenal sebagai respons flehmen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com