Kompas.com - 16/10/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi membersihkan plafon rumah. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan plafon rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun menjadi permukaan yang sangat jarang disentuh di rumahmu, plafon atau langit-langit rumah bisa menjadi sangat kotor seiring waktu.

Ketika tidak pernah dibersihkan, plafon rumah bisa dipenuhi oleh debu, kotoran, sarang laba-laba, dan sebagainya. Untungnya, tidak sulit untuk membersihkan plafon rumah, asalkan kamu memiliki alat dan tips yang tepat.

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (16/10/2021), berikut ini panduan cara untuk membersihkan plafon rumahmu.

Baca juga: Plafon Rumah Bocor? Ini yang Harus Dilakukan

1. Kumpulkan persediaan

Membersihkan plafon rumahmu bisa menjadi pekerjaan berat jika kamu harus mengangkat alat berat dan tidak praktis di atas kepalamu untuk waktu yang lama.

Itulah sebabnya, Alicia Sokolowski, presiden dan co-CEO Aspen Clean, merekomendasikan penggunaan aksesori yang tepat untuk membersihkan plafon.

"Saya merekomendasikan penyedot debu filter HEPA dengan tongkat ekstensi panjang dan sambungan berbulu lembut untuk menghindari goresan pada plafon," kata Sokolowski.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kemoceng dengan sambungan mikrofiber, pel mikrofiber dengan ekstensi panjang, roller cat (coba temukan yang memiliki ekstensi panjang), dan tangga untuk membersihkan plafon.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kipas Angin Plafon

Ini juga membantu untuk memiliki pembersih tidak beracun di tangan untuk menghilangkan bagian ekstra-kotor.

"Jika kamu ingin membuat pembersih sendiri, campur sabun cuci piring, cuka, dan air," tambah Sokolowski.

Saat membersihkan plafon rumah, kamu harus meletakkan lembaran plastik atau terpal di atas lantai dan furniturmu untuk menghindari kerusakan dalam proses pembersihan.

2. Bersihkan alat pembersih saat membersihkan plafon

Sebelum membersihkan plafon, pastikan alat pembersih yang digunakan telah dibersihkan. Selain itu, bersihkan peralatanmu sesering mungkin saat kamu mulai membersihkan plafon.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.