Kompas.com - 15/10/2021, 20:22 WIB
Ilustrasi kucing Birman Unsplash/KanashiIlustrasi kucing Birman

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti halnya kantong plastik, kucing dapat merasakan sensasi dari mengunyah tali. Kucing, khususnya anak kucing, dapat mengunyah tali sebagai bagian dari pengembangan eksplorasi mereka. 

Selain tali, barang rumah tangga berbahaya yang sering dikunyah kucing adalah kabel listrik seperti headsets, charger handphone, kabel steker, dan berbagai jenis kabel. 

Baca juga: Kucing Liar Sering Datang ke Rumah? 4 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Melansir dari Pet Health Network, Jumat (15/10/2021), mengunyah kabel adalah kegiatan berbahaya yang dilakukan kucing.

Hal ini harus dicegah secara aktif karena dapat menimbulkan bahaya tersedak serta kemungkinan cedera dan kematian akibat tersengat listrik.

Ditambah, dapat merusak peralatan elektronik rumah tangga dan menyebabkan kebakaran listrik. Lantas, mengapa kucing mengunyah kabel?

Baca juga: Siapkan Mental, 4 Hal Ini Tanda Hidup Kucing Akan Berakhir

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu alasan kucing mengunyah kabel dapat dikaitkan dengan kesehatan giginya. Jika Anda mendapati kucing peliharaan melakukan hal ini, kunjungi  dokter hewan untuk memastikan gigi kucing dalam keadaan sehat.

Selain itu,  Anda juga perlu berdiskusi dengan dokter hewan tentang diet kucing karena mengunyah benda-benda aneh bisa menjadi gejala ketidakcukupan kebutuhan makanan yang dikonsumsi kucing sehari-hari.

Faktor lain adalah masalah kebosanan. Untuk menghentikan perilaku ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan: 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kucing Peliharaan Sehat dan Bahagia

Membungkus kabel

Cobalah mempertimbangkan untuk membungkus kabel dengan penutup karet yang dapat dibeli di sebagian besar toko perlengkapan listrik dan perbaikan rumah.

Menempatkan kabel di dalam pipa PVC juga merupakan pilihan. Anda juga bisa menggosoknya dengan aroma jeruk yang tidak disukai kucing.  

Baca juga: Studi Ungkap Perilaku Kucing Dipengaruhi Kepribadian Pemiliknya

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.