Kompas.com - 15/10/2021, 17:26 WIB
Ilustrasi handuk, mencuci handuk. SHUTTERSTOCK/MARYNA PLESHKUNIlustrasi handuk, mencuci handuk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci handuk terlihat pekerjaan yang sederhana, tapi sering kali handuk yang sudah dicuci menjadi kaku, bau, bahkan masih ada noda menempel. 

Lantas, apa yang menyebabkan hal tersebut? 

Melansir dari The Spruce, Jumat (15/10/2021), berikut ini sejumlah penyebab dan permasalahan saat mencuci handuk dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Kenapa Handuk Terasa Keras dan Kasar Setelah Dicuci? Ini Solusinya 

Handuk berbau 

Handuk yang baru dicuci memiliki aroma yang harum. Namun, terkadang bau pada handuk bisa muncul kembali setelah digunakan mandi. 

Jika demikian, salah satu penyebabnya adalah mesin cuci yang tidak bersih sehingga kotoran tubuh serta bakteri yang menumpuk kembali ke permukaan handuk selama siklus pembilasan. 

Baca juga: 10 Kesalahan Mencuci Handuk yang Masih Sering Dilakukan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengatasinya, mulailah membersihkan mesin cuci dengan baik. Penumpukan kotoran dan sisa detergen serta pelembut kain dapat terjadi pada mesin cuci bukaan atas.

Namun, paling umum terjadi pada mesin cuci bukaan depan yang menggunakan lebih sedikit air. Mesin cuci bukaan depan juga cenderung memiliki genangan air di dalam setelah siklus pencucian sehingga menyebabkan bau jamur berpindah ke kain penyerap yang tebal.

Setelah mesin cuci bersih, mulailah dengan mencuci handuk dalam siklus air panas, tetapi jangan menambahkan detergen apa pun. 

Baca juga: Trik Melembutkan Tekstur Handuk seperti Baru Kembali

Sebagai gantinya, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke beban cucian. Cuka  membantu menghilangkan penumpukan detergen, kotoran tubuh, dan pelembut kain yang tersangkut pada kain.

Selesaikan proses dengan pencucian kedua dalam air panas dengan detergen, tetapi jangan tambahkan pelembut kain apa pun. Ini akan membuat handuk kembali harum dan bersih, bahkan saat lembap. 

Baca juga: Cara Mencuci Handuk yang Benar agar Tahan Lama 

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.