Kompas.com - 13/10/2021, 23:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci dan ruang mencuci Unsplash/PlanetCareIlustrasi mesin cuci dan ruang mencuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci merupakan peralatan elektronik yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga, tepatnya mencuci pakaian.

Mesin cuci tidak hanya membersihkan pakaian, tapi juga membuat pakaian terlihat segar dan baru bila digunakan dengan tepat. 

Baca juga: Ternyata, 8 Benda Ini Bisa Dicuci dengan Mesin Cuci

Sayangnya, banyak dari kita yang tidak menggunakan mesin cuci dengan benar saat mencuci pakaian. Akibatnya, terjadi banyak permasalahan pada mesin cuci serta cucian atau pakaian. 

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini kesalahan menggunakan mesin cuci saat mencuci pakaian dikutip dari Hunker, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini agar Mesin Cuci Awet dan Tidak Mudah Rusak 

Menggunakan detergen dalam jumlah tidak tepat

Jika Anda berpikir bahwa menggunakan banyak detergen dapat membuat pakaian lebih bersih, inilah saatnya untuk berpikir lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menambahkan terlalu banyak detergen justru mempersulit Anda untuk membilas sabun dari pakaian. Begitu pun terlalu sedikit detergen tidak menghilangkan kotoran dan noda dari pakaian. 

Untuk itu, lihat manual mesin cuci untuk mengetahui rekomendasi detergen spesifik dan periksa kembali label detergen untuk jumlah yang disarankan sehingga tidak menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit detergen. 

Baca juga: Apakah Harus Selalu Menggunakan Pelembut Saat Mencuci Pakaian? 

Mesin cuci kelebihan muatan atau beban 

Mesin cuci yang kelebihan beban cucian dapat membuat mesin bekerja lebih keras sehingga dapat merusak mesin cuci.

Saat memuat terlalu banyak barang, ada sedikit ruang bagi pakaian untuk bersirkulasi dalam detergen dan air, yang berarti pakaian tidak akan dibersihkan dengan baik.

Sebagai aturan praktis, jangan pernah mengisi tabung mesin lebih dari tiga perempat penuh untuk menghindari risiko kerusakan mesin dan pakaian yang kurang bersih. 

Baca juga: Apakah Harus Mencuci Pakaian dan Seprai yang Baru Dibeli?

Halaman:


Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.