Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2021, 20:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tampak bersih, namun kualitas udara di dalam ruangan tidak selalu sehat. Anda memang bisa menggunakan air purifier untuk membersihkan udara, akan tetapi Anda bisa menggunakan tanaman hias.

Sebab, beberapa tanaman hias dapat menambahkan oksigen ke dalam ruangan sekaligus menyaring racun. Selain itu, merawat tanaman hias juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

Dilansir dari The Practical Planter, Selasa (12/10/2021), tanaman hias sebenarnya melepaskan oksigen pada siang hari ketika ada cahaya alami, melalui proses fotosintesis. Meskipun proses ini terhenti tanpa adanya cahaya, memiliki tanaman di rumah dapat membantu meningkatkan kualitas udara sepanjang hari.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Daun Warna-warni yang Cocok di Kamar Tidur

Beberapa tanaman hias pun melepaskan oksigen di malam hari, menciptakan udara yang menyegarkan. Berikut beberapa daftarnya.

spider plantshutterstock spider plant

1. Spider plant atau tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum)

Tanaman ini mudah dirawat, khususnya untuk pemula. Cahaya tidak langsung, tanah yang mengering dengan baik, dan tempat yang tidak terlalu panas adalah hal yang dibutuhkan agar tanaman laba-laba dapat tumbuh dengan baik.

Meskipun tanaman laba-laba menghasilkan bunga putih kecil, ini lebih merupakan tanaman dedaunan, dengan daun bergaris hijau dan kuning cerah.

Daunnya yang panjang dan ramping terlihat indah di pot gantung, dan akan tumbuh sulur panjang dengan tunas tanaman "bayi" di ujungnya. Anda dapat membiarkannya, atau memotongnya untuk menyebarkan tanaman baru.

Baca juga: Simak, Cara Memilih dan Menggunakan Pupuk Tanaman Hias yang Tepat

Dalam hal kualitas udara, tanaman laba-laba akan membantu menambah lebih banyak oksigen dan juga dikenal menyaring karbon monoksida, formaldehida, dan benzena.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com