Kompas.com - 09/10/2021, 07:20 WIB
Ilustrasi memberikan pupuk pada tanaman. SHUTTERSTOCK/ENCIERROIlustrasi memberikan pupuk pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar dapat tumbuh dengan sehat, tanaman hias membutuhkan sejumlah nutrisi. Tanah dan media tanam memberikan nutrisi yang dibutuhkan, namun seiring waktu, akar tanaman menyerap banyak nutrisi tersebut dan menggunakannya melalui fotosintesis.

Di situlah pupuk menjadi penting. Pupuk mengisi kembali nutrisi yang hilang sehingga tanaman Anda dapat tumbuh lebih kuat, daun, akar, dan bunga lebih sehat dan padat.

Tanaman hias dalam ruangan mungkin dapat bertahan tanpa pupuk, asalkan mendapat cukup air dan sinar matahari. Akan tetapi, memberi pupuk dapat membantu tanaman benar-benar berkembang.

Baca juga: 5 Kelebihan Pupuk Organik untuk Tanaman

Dilansir dari Mind Body Green, Sabtu (9/10/2021), para ahli menjelaskan mengenai pupuk dan manfaatnya untuk tanaman, cara memilih pupuk yang tepat, serta cara menggunakannya untuk tanaman.

Ilustrasi pupuk NPK, pupuk NPK mutiara.SHUTTERSTOCK/SOMPRASONG WITTAYANUPAKORN Ilustrasi pupuk NPK, pupuk NPK mutiara.

Apa itu pupuk dan fungsinya untuk tanaman?

Pupuk mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Zat nutrisi yang paling penting adalah NPK alias nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

"Secara umum, nitrogen adalah nutrisi utama dan akhir semua," kata Jonathan Russell-Anelli, dosen senior di Cornell University School of Integrative Plant Science.

Selain NPK, tanaman membutuhkan belerang (S), magnesium (Mg), karbon (C), oksigen (O), hidrogen (H), dan sejumlah kecil zat besi (Fe), boron (B), klorin (Cl), mangan (Mn), seng (Zn), tembaga (Cu), dan molibdenum (Mo).

Baca juga: 8 Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

"Tanaman menggabungkan nutrisi ini dengan sinar matahari, udara, dan air untuk membuat makanan mereka sendiri melalui proses fotosintesis," jelas Leslie F Halleck, ahli hortikultura dan penulis profesional bersertifikat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.