Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Memilih dan Menggunakan Pupuk Tanaman Hias yang Tepat

Kompas.com - 09/10/2021, 07:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar dapat tumbuh dengan sehat, tanaman hias membutuhkan sejumlah nutrisi. Tanah dan media tanam memberikan nutrisi yang dibutuhkan, namun seiring waktu, akar tanaman menyerap banyak nutrisi tersebut dan menggunakannya melalui fotosintesis.

Di situlah pupuk menjadi penting. Pupuk mengisi kembali nutrisi yang hilang sehingga tanaman Anda dapat tumbuh lebih kuat, daun, akar, dan bunga lebih sehat dan padat.

Tanaman hias dalam ruangan mungkin dapat bertahan tanpa pupuk, asalkan mendapat cukup air dan sinar matahari. Akan tetapi, memberi pupuk dapat membantu tanaman benar-benar berkembang.

Baca juga: 5 Kelebihan Pupuk Organik untuk Tanaman

Dilansir dari Mind Body Green, Sabtu (9/10/2021), para ahli menjelaskan mengenai pupuk dan manfaatnya untuk tanaman, cara memilih pupuk yang tepat, serta cara menggunakannya untuk tanaman.

Ilustrasi pupuk NPK, pupuk NPK mutiara.SHUTTERSTOCK/SOMPRASONG WITTAYANUPAKORN Ilustrasi pupuk NPK, pupuk NPK mutiara.

Apa itu pupuk dan fungsinya untuk tanaman?

Pupuk mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Zat nutrisi yang paling penting adalah NPK alias nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

"Secara umum, nitrogen adalah nutrisi utama dan akhir semua," kata Jonathan Russell-Anelli, dosen senior di Cornell University School of Integrative Plant Science.

Selain NPK, tanaman membutuhkan belerang (S), magnesium (Mg), karbon (C), oksigen (O), hidrogen (H), dan sejumlah kecil zat besi (Fe), boron (B), klorin (Cl), mangan (Mn), seng (Zn), tembaga (Cu), dan molibdenum (Mo).

Baca juga: 8 Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

"Tanaman menggabungkan nutrisi ini dengan sinar matahari, udara, dan air untuk membuat makanan mereka sendiri melalui proses fotosintesis," jelas Leslie F Halleck, ahli hortikultura dan penulis profesional bersertifikat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com