Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Tanaman Begonia Tumbuh Subur dan Rimbun Tanpa Pupuk Kimia

Kompas.com - 05/09/2021, 12:17 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pekebun percaya bahwa mengaplikasikan pupuk kimia bisa berguna membuat tanaman begonia tumbuh rimbun.

Namun, perlu diketahui bahwa tanaman begonia bisa tumbuh rimbun tanpa harus memberikan pupuk kimia. Ada beberapa cara membuat tanaman begonia tumbuh rimbun tanpa pupuk kimia. 

Dikutip dari kanal YouTube Pupuk Lahan, Minggu (5/9/2021), berikut adalah cara membuat tanaman begonia tumbuh rimbun tanpa pupuk kimia. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Tanaman Begonia agar Tumbuh Subur dan Tidak Busuk

Pastikan media tanamnya bagus

Jika media tanam sudah bagus dan memenuhi syarat, tanaman begonia bisa rimbun tanpa harus menggunakan pupuk kimia seperti NPK 16-16-16 atau pupuk NPK dengan kadar seimbang lainnya.

Media tanam yang bagus untuk tanaman begonia harus yang membentuk aerasi (proses pemberian oksigen ke dalam media tanam) dan memiliki drainase yang lancar. 

Baca juga: Begonia, Si Bunga Cantik yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Biasanya, aerasi dilakukan dengan cara menusuk-nusuk tanah untuk memungkinkan penetrasi air yang lebih baik dan memperkenalkan lebih banyak oksigen ke dalam media tanam.

Gemburkan media tanam begonia sebulan sekali dengan kayu atau sekop agar aerasi media tanam lebih mantap. 

Jangan menyiram air terlalu banyak dan sering

Penyiraman tanaman begonia yang terlalu banyak dan sering dapat membuat akar tanaman membusuk. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Kucing

Cukup beri pupuk organik

Kalau ingin membuat tanaman begonia cepat tumbuh subur dan rimbun, cukup pupuk dengan bahan atau pupuk organik secara teratur.

Sebaiknya, hindari memumpuk dengan pupuk kimia karena akar begonia sangat sensitif terhadap pupuk kimia. Selain itu, pupuk kimia juga bisa membuat media tanam begonia  menjadi mengeras. 

Baca juga: Cara Mudah dan Aman Mengganti Pot Tanaman

Beri air cucian beras untuk pemupukan begonia

Kamu bisa menggunakan air cucian beras untuk dijadikan pupuk organik bagi tanaman begonia. Siram tanaman begonia dengan air cucian beras setiap minggu sekali.

Untuk menambahkan nutrisi, tambahkan pupuk kompos sebulan sekali. Cara-cara yang dijelaskan di atas bisa membuat tanaman begonia tumbuh subur dan rimbun minimal dalam waktu dua bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com