Kompas.com - 05/09/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi spons cuci piring. SHUTTERSTOCK/VOLODYMYR HRYSHCHENKOIlustrasi spons cuci piring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sabun cuci piring, spons merupakan benda yang diperlukan  saat mencuci peralatan makan dan masak. 

Lantaran sering digunakan untuk menyingkirkan noda dan kotoran, membuat spons cuci piring kotor dan menjadi sarang kuman dan bakteri

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan Spons Cuci Piring Berbahan Silikon

Karena itu, spons cuci piring harus dibersihkan dan diganti dengan yang baru secara rutin untuk menghindari penumpakan kuman serta bakteri. 

Dilansir dari Today, Minggu (5/9/2021), para peneliti di Jerman menemukan bahwa bakteri menjijikkan yang berhubungan dengan RG2 (jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit) tetap berada di spons cuci piring meski dibersihkan dalam microwave atau air mendidih.  

Baca juga: Ketahui, 5 Manfaat Spons Selain untuk Mencuci Piring

“Dari perspektif jangka panjang, metode sanitasi spons tampaknya tidak cukup efektif mengurangi jumlah bakteri pada spons, bahkan mungkin meningkatkan jumlah bakteri terkait RG2,” tulis para peneliti dalam makalah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, peneliti menyarankan mengganti spons cuci piring secara rutin setiap minggu. Ini adalah pilihan yang mudah terjangkau untuk tetap higienis. 

Baca juga: Cara Mencuci Spons Cuci Piring agar Tak Jadi Sarang Kuman

Cara membersihkan spons cuci piring

Meski penelitian menunjukkan bahwa membersihkan spons tidak membantu menghilangkan semua bakteri, cara ini dapat membantu membunuh beberapa kuman sebelum menunggu pergantian spons. 

Cara terbaik membersihkan spons dan meminimalkan kuman adalah dengan mencuci spons setiap hari dalam air sabun yang panas, lalu letakkan ke dalam microwave panas selama dua menit.

Bila tidak memiliki microwave, kamu dapat merendam spons selama satu menit dalam larutan setengah sendok teh pemutih pekat dengan seliter air hangat. 

Baca juga: Apa Manfaat Meletakkan Spons di Pot Tanaman Hias?

Seberapa sering harus mengganti spons cuci piring?

Ketika sampai pada seberapa sering harus mengganti spons cuci piring, cara terbaik adalah berinvestasi untuk memiliki spons cuci piring yang banyak agar bisa menggantinya dengan yang baru setiap minggu.

Ingat, jangan memaksakan diri untuk terus menggunakan spons cuci piring yang sudah lebih dari seminggu sekali pun kamu rajin membersihkannya setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Today
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.