Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2021, 17:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba-laba, semut, hingga kecoak merupakan hama serangga yang sering ditemukan di dalam rumah. Namun, tidak satu pun dari serangga ini yang dapat menyebabkan kerusakan sebesar serangan rayap.

Dilansir dari Best Life Online, Selasa (5/10/2021), rayap diam-diam menggerogoti pondasi rumah Anda, yang dapat menyebabkan kerusakan bahkan hingga parah.

Tidak seperti laba-laba atau kecoak, rayap sulit ditemukan, karena biasanya mereka tetap tersembunyi di dalam dinding dan lantai. Untungnya, para ahli mengatakan ada satu tanda ada rayap di rumah yang harus Anda perhatikan sebagai berikut ini.

Baca juga: 5 Tanda Kayu di Rumah Dimakan Rayap

Ilustrasi rayap.SHUTTERSTOCK/BEJITA Ilustrasi rayap.

Tumpukan tanah

Jika Anda ingin memeriksa rumah Anda untuk mencari rayap, Anda harus waspada terhadap tabung lumpur.

"Terowongan kecokelatan ini adalah tanda utama jika rumah Anda memiliki rayap," kata Codey Stout, spesialis pencegahan rayap dan manajer operasi kepala di Tree Triage.

"Tabung lumpur ini digunakan sebagai akses ke sarang mereka di bawah tanah dan membantu menciptakan iklim optimal mereka dengan menghalangi udara sejuk dan kering," ujar Burns Blackwell, CEO Terminix-Triad di Greensboro, North Carolina, AS.

Jack Miller, ahli pengendalian hama dan pendiri How I Get Rid Of, mengatakan tabung lumpur terlihat seperti jejak dari apa yang tampak seperti tanah cokelat.

Baca juga: 7 Tanaman Ini Mampu Mengusir Rayap dari Rumah

Menurut Blackwell, tabung ini dapat ditemukan di area tertentu di rumah Anda.

"Jika Anda melihat tabung lumpur berukuran pensil, mulai dari tanah dan memanjat dinding pondasi, ruang bawah tanah, ini berarti rayap telah memilih rumah Anda sebagai tempat tinggal baru mereka," Blackwell memperingatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com