Kompas.com - 05/10/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi kamar tidur bergaya Mediterania Unsplash/SpacejoyIlustrasi kamar tidur bergaya Mediterania

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu busuk atau tungau kasur adalah hama serangga yang mengganggu di kamar tidur. Tungau bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk Anda, sehingga harus dibasmi.

Ada banyak cara membasmi tungau kasur yang dapat dilakukan. Namun demikian, perlu diketahui juga bahwa suhu di kamar tidur dapat memengaruhi kehadiran tungau kasur.

Dilansir dari Real Homes, Selasa (5/10/2021), ternyata suhu ideal bagi tungau kasur dewasa untuk berkembang biak adalah antara 21 hingga 32 derajat celcius. Ini dinyatakan oleh Asosiasi Pengendalian Hama Inggris.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda Tungau Telah Berkembang Biak di Kasur

Inilah mengapa kutu busuk atau tungau kasur jauh lebih aktif selama bulan-bulan musim kemarau. Saat cuaca cenderung panas itulah tungau kasur suka makan dan kawin, serta berkembang biak.

Ilustrasi tungau. PIXABAY/MAKAMUKI0 Ilustrasi tungau.

Kutu busuk atau tungau kasur dapat bertahan hidup antara suhu nol derajat celcius hingga 49 derajat celcius.

Jika suhu ruangan terlalu dingin atau terlalu hangat bagi tungau kasur untuk berkembang biak, mereka akan tertidur selama satu tahun dan menunggu kondisi yang lebih menguntungkan untuk kembali.

Rumah yang selalu hangat adalah kondisi yang ideal bagi kutu busuk atau tungau kasur. Sebab, mereka tidak harus tertidur dan dapat terus memberi makan dan bereproduksi sepanjang tahun.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan untuk Membasmi Tungau di Rumah

Tungau kasur tidak hanya tinggal di kamar tidur. Ruangan mana pun dengan sudut dan celah di rumah juga bisa menjadi tempat hidup yang ideal bagi hama pengganggu tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Real Homes
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.