Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bunga yang Dapat Mempercantik dan Meningkatkan Daya Tarik Rumah

Kompas.com - 29/09/2021, 14:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi virus Covid-19 saat ini, ditambah cuaca panas, membuat banyak orangmenghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Hal ini pun membuat banyak penghuni rumah yang mencari cara merapikan dan membuat rumah terasa nyaman, termasuk halaman depan. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Kalanchoe agar Subur dan Sehat

Salah satunya, menaman tanaman bunga di halaman rumah. Bunga-bunga ini tidak hanya mempercantik rumah, tapi juga meningkatkan daya tarik rumah. Baik tetangga maupun orang yang melintas du rumah Anda, tentu akan memujinya. 

Sayangnya, tanaman bunga sedikit lebih rewel dari tanaman dedaunan serta membutuhkan jumlah cahaya dan air yang tepat. Namun, ada beberapa varietas bunga yang sangat mudah ditanam dan minim perawatan.

Melansir dari Real Simple, Rabu (29/9/2021), berikut ini lima tanaman bunga yang dapat mempercantik dan meningkatkan daya tarik rumah Anda. 

Baca juga: 10 Tanaman Bunga yang Mudah Tumbuh di Dalam Ruangan 

Coneflowers

Ilustrasi bunga coneflowerUnsplash/Adrienne Holton Ilustrasi bunga coneflower
Coneflowers atau bunga kerucut yang tangguh dapat tumbuh subur meski tanah kering dan berpasir, asalkan mendapat cukup sinar matahari.

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki bagian tengah berbentuk kerucut yang dikelilingi kelopak bunga berwarna pink, kuning, atau oranye.

Selain itu, bunga kerucut masuk daftar tanaman yang dapat menarik kupu-kupu ke taman sehingga membuat taman dan bunga-bunga menjadi subur. 

Baca juga: 6 Bunga Berwarna Hitam yang Unik dan Misterius 

Bunga bakung

Selain membawa semburan warna kuning, oranye, dan merah ke halaman rumah, bunga bakung tahan terhadap panas, kekeringan, bahkan hewan peliharaan yang penasaran.

Tanam bunga bakung di bawah sinar matahari penuh dan tanah lembap yang dikeringkan dengan baik.

Bunga bakung dikenal dapat mekar dari musim semi hingga akhir musim panas sehingga halaman rumah Anda akan terlihat bagus sepanjang musim. Bunga bakung juga akan terus datang kembali selama bertahun-tahun.

Baca juga: Cara Menanam Kembang Sepatu, Bisa di Pekarangan atau di Pot

Black-eyed susan

Ilustrasi bunga Black-eyed susanUnsplash/Kasia Wanner Ilustrasi bunga Black-eyed susan
Dengan kelopak bunga berwarna kuning keemasan yang cerah, black-eyed susan menjadi bunga yang dapat mempercantik dan meningkatkan daya tarik rumah serta menambah warna cerah di halaman depan.

Tak hanya itu, bunga ini tahan panas dan kekeringan serta bekerja dengan baik di tempat yang cerah, jadi tidak perlu khawatir tentang penyiraman.

Black-eyed susan juga menjadi salah satu tanaman bunga yang tahan panas sehingga Anda tidak perlu khawatir bila halaman rumah tidak memiliki banyak area teduh.  

Baca juga: 10 Bunga Penting dalam Budaya Tionghoa, Lambang Kemakmuran dan Cinta

Kembang sepatu

Kembang sepatu merupakan salah satu bunga yang dapat mempercantik dan meningkatkan daya tarik rumah Anda.

Bunga mekar yang besar ini dapat terus muncul dari tahun ke tahun. Bunga cantik ini memiliki banyak warna ini seperti merah, putih, kuning, dan pink. Kembang sepatu tahan terhadap sinar matahari, tetapi dapat mentoleransi naungan parsial.

Baca juga: 5 Kesalahan Menanam Bunga Mawar yang Harus Dihindari

 

Hydrangea

Ilustrasi bunga hortensia/hydrangeaUnsplash/Simone Dalmeri Ilustrasi bunga hortensia/hydrangea
Menaman bunga hydrangea atau bunga hortensia di halaman rumah tentu dapat mempercantik dan meningkatkan daya tarik rumah Anda.

Bunga hydrangea yang memiliki tampilan yang cantik, warna yang indah, dan mekar yang besar tidak membutuhkan banyak perawatan.

Pilih tempat yang mendapat naungan parsial dan idealnya Anda menginginkan tanah yang kaya dan dikeringkan dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com