Kompas.com - 25/09/2021, 17:34 WIB
Ilustrasi deterjen bubuk dan cair SHUTTERSTOCKIlustrasi deterjen bubuk dan cair

JAKARTA, KOMPAS.com - Deterjen adalah aspek penting dalam mencuci pakaian. Ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, termasuk deterjen cair dan deterjen bubuk.

Namun demikian, mana yang lebih baik digunakan untuk mencuci pakaian? Para ahli mengatakan, memilih antara deterjen bubuk dan deterjen cair tergantung pada tujuan Anda.

Misalnya, deterjen bubuk cenderung lebih murah, tahan lama, menghasilkan lebih sedikit limbah, dan bagus untuk pakaian yang sangat kotor. Deterjen cair, di sisi lain, bekerja lebih baik dalam air dingin, lebih mudah diukur, dan dapat digunakan sebagai perawatan noda atau saat mencuci pakaian dengan tangan.

Baca juga: Simak, Tanda Menggunakan Terlalu Banyak Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (25/9/2021), berikut kekurangan dan kelebihan deterjen bubuk dan deterjen cair, serta cara terbaik untuk menggunakannya.

Ilustrasi deterjen.PIXABAY/FRANK HABEL Ilustrasi deterjen.

Deterjen bubuk

Ada beberapa kelebihan deterjen bubuk untuk mencuci pakaian. Pertama, deterjen bubuk cenderung tidak mudah berantakan dibandingkan deterjen cair.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deterjen bubuk pun cenderung lebih murah per beban cucian daripada deterjen cair. Selain itu, deterjen bubuk juga lebih tahan lama.

Aspek lainnya adalah deterjen bubuk memiliki kemasan yang lebih ramah lingkungan. Pun jumlah bubuk yang digunakan per beban dapat disesuaikan.

Baca juga: Apakah Deterjen Bisa Kedaluwarsa? Ini Penjelasannya

Deterjen bubuk juga ringan dibandingkan dengan deterjen cair. Deterjen ini pun bekerja dengan baik pada pakaian yang sangat kotor, seperti pakaian olahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.