Kompas.com - 25/09/2021, 11:57 WIB
Manfaat jeruk nipis sangatlah beragam. Selain untuk menambah kelezatan menu masakan, buah ini juga dikenal sebagai obat alami berbagai penyakit. UNSPLASH/JESSICA LEWISManfaat jeruk nipis sangatlah beragam. Selain untuk menambah kelezatan menu masakan, buah ini juga dikenal sebagai obat alami berbagai penyakit.

JAKARTA, KOMPAS.com- Kandungan buah jeruk nipis tentu seringkali kamu temukan di produk pembersih baik pencuci piring maupun pengepel lantai.

Ini karena jeruk nipis dipercaya sangat ampuh sebagai pembersih noda alami. Selain itu kamu juga bisa mengusir bau-bau tak sedap di rumah dengan menggunakan buah ini.

Melansir dari Cook Clean Repeat, Jumat (24/9/2021) jeruk nipis memiliki sifat anti bakteri dan juga anti jamur. Nah karenanya jeruk nipis menjadi pembersih alami andalan yang sering digunakan di rumah.

Meskipun tidak bekerja sekuat cairan desinfektan kimia, jeruk nipis mengandung asam yang dapat mengurangi bakteri pada permukaan dapur ataupun kulkas. Berikut perabotan rumah yang bisa kamu bersihkan menggunakan jeruk nipis.

Baca juga: Harus Tahu, Manfaat Meletakkan Es Batu pada Tanaman Anggrek

Membersihkan Jendela

Jeruk nipis bisa membantu mengangkat noda yang menempel pada jendela rumah. Selain itu kandungan pada jeruk nipis juga dapat mengangkat karat yang ada pada ganggang dan besi jendela.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu bisa memasukkan perasan air jeruk nipis kedalam botol spray dan langsung semprotkan ke area yang akan dibersihkan.

Kamu juga bisa menggunakan kain lap untuk mengelap jendela, jendela mu akan kembali bersih tanpa noda dan goresan.

Baca juga: 5 Manfaat Pemutih untuk Membersihkan Area dan Benda di Rumah

Menyingkirkan minyak pada kompor dan kaca microwave

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.UNSPLASH/ANASTASIA ANASTASIA Jeruk nipis kaya akan vitamin C, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Saat memasak seringkali minyak mengotori sela-sela kompor sehingga lengket dan sulit dibersihkan. Kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis agar minyak lebih mudah terangkat.

Selain itu kamu juga bisa mengelap kaca microwave menggunakan tisu dapur yang sudah diberikan perasan air jeruk nipis agar kaca tidak buram and kembali bersih.

Baca juga: 12 Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Bersihkan Udara hingga Cegah Kanker

Menghilangkan bau membandel pada tempat sampah

Apakah tempat sampahmu seringkali mengeluarkan bau tak sedap? Kamu bisa menghilangkan bau dengan menaruh potongan jeruk nipis pada tempat sampah yang bau dan diamkan sebentar.

Jeruk nipis akan mengikat bau yang ada disekitar tempat sampah dan membuat dapur mu kembali segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.