Kompas.com - 24/09/2021, 07:56 WIB
Ilustrasi anggrek bulan. SHUTTERSTOCK/ELENA BUSLAEVAIlustrasi anggrek bulan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiram tanaman hias dengan jumlah air yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Ini termasuk memberikan air pada tanaman anggrek.

Saat mencoba menjaga agar anggrek tetap mekar, Anda mungkin tergoda untuk sering menyiram. Namun, terlalu banyak kelembapan adalah salah satu alasan paling umum mengapa anggrek dalam ruangan mati.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa salah satu solusi untuk menghindari penyiraman yang berlebihan adalah dengan menggunakan es batu untuk menyiram tanaman anggrek.

Baca juga: Gunakan Kotoran Kambing agar Anggrek Tumbuh Subur dan Berbunga Banyak

Akan tetapi, apakah cara ini benar-benar berhasil? Dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (24/9/2021), berikut penjelasannya.

Ilustrasi bunga anggrek berwarna biru. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi bunga anggrek berwarna biru.

Mengapa es batu bagus untuk tanaman anggrek?

Konsep menyiram anggrek dengan es batu mungkin tampak berlawanan dengan intuisi karena tanaman tropis umumnya tidak cocok dengan suhu beku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, menggunakan es batu untuk menyiram anggrek sebetulnya tidak membahayakan dan membuat perawatan sedikit lebih mudah.

"Memastikan anggrek mendapatkan jumlah air yang tepat, tanpa berlebihan atau terendam air adalah tantangan terbesar bagi induk tanaman anggrek," kata Marcel Boonekamp, direktur penanaman Just Add Ice.

Baca juga: 5 Tempat Terbaik untuk Meletakkan Tanaman Anggrek di Dalam Rumah

Boonekamp dan tim mengembangkan metode penyiraman tiga es batu untuk memberi tukang kebun cara yang terukur dan sangat sederhana untuk menyirami anggrek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.