Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 07:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiram tanaman hias dengan jumlah air yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Ini termasuk memberikan air pada tanaman anggrek.

Saat mencoba menjaga agar anggrek tetap mekar, Anda mungkin tergoda untuk sering menyiram. Namun, terlalu banyak kelembapan adalah salah satu alasan paling umum mengapa anggrek dalam ruangan mati.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa salah satu solusi untuk menghindari penyiraman yang berlebihan adalah dengan menggunakan es batu untuk menyiram tanaman anggrek.

Baca juga: Gunakan Kotoran Kambing agar Anggrek Tumbuh Subur dan Berbunga Banyak

Akan tetapi, apakah cara ini benar-benar berhasil? Dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (24/9/2021), berikut penjelasannya.

Ilustrasi bunga anggrek berwarna biru. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi bunga anggrek berwarna biru.

Mengapa es batu bagus untuk tanaman anggrek?

Konsep menyiram anggrek dengan es batu mungkin tampak berlawanan dengan intuisi karena tanaman tropis umumnya tidak cocok dengan suhu beku.

Namun, menggunakan es batu untuk menyiram anggrek sebetulnya tidak membahayakan dan membuat perawatan sedikit lebih mudah.

"Memastikan anggrek mendapatkan jumlah air yang tepat, tanpa berlebihan atau terendam air adalah tantangan terbesar bagi induk tanaman anggrek," kata Marcel Boonekamp, direktur penanaman Just Add Ice.

Baca juga: 5 Tempat Terbaik untuk Meletakkan Tanaman Anggrek di Dalam Rumah

Boonekamp dan tim mengembangkan metode penyiraman tiga es batu untuk memberi tukang kebun cara yang terukur dan sangat sederhana untuk menyirami anggrek.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com