Kompas.com - 23/09/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi sofa berbahan kulit. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi sofa berbahan kulit.

JAKARTA, KOMPAS.com- Sofa kulit memang terlihat cantik, mewah, elegan, tahan lama, nyaman diduduki dan tak lekang oleh waktu.

Namun, tahukah kamu bahwa perawatan sofa kulit yang salah bisa merusak sofa kesayanganmu?

Meskipun kulit adalah bahan yang tahan lama, namun sifatnya keropos. Hindari beberapa kesalahan saat membersihkan sofa kulit berikut ini agar sofamu awet dan tak mudah rusak.

Melansir dari The Spurce pada Kamis (23/9/2021) berikut ini lima kesalahan yang sering dilakukan ketika membersihkan atau merawat sofa.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Berwarna Cokelat

Menempatkan sofa di area yang panas dan terkena sinar matahari
Ilustrasi sofa kulit, sofa berbahan kulit. PEXELS/MARTIN PECHY Ilustrasi sofa kulit, sofa berbahan kulit.

Penempatan furnitur di ruang tamu seringkali didasarkan pada kenyamanan dan daya tarik visual. Namun, jika kamu meletakkan furnitur kulit terlalu dekat dengan ventilasi atau unit pemanas apa pun, dapat berisiko merusak sofa kulitmu.

Ventilasi pemanas, radiator, dan pemanas ruangan dapat mengeringkan dan merusak furnitur kulit jika terpapar terlalu lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, paparan sinar matahari dapat memudarkan warna sofa sekaligus merusaknya. Terburuk, sinar matahari dapat membuat sofa retak dan kering sehingga mudah mengelupas.

Baca juga: 3 Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Ruang Tamu

Meletakan buku, koran, atau majalah di atas sofa kulit

Majalah, koran, dan bahkan beberapa buku dapat merembes ke furnitur kulit jika dibiarkan bersentuhan dengannya dalam waktu yang lama.

Meskipun sofa adalah tempat yang nyaman untuk membaca buku, tapi cat dari pewarna cetakan majalah dan buku bisa menempel ke sofa. Terutama untuk buku-buku berwarna cerah.

Baca juga: Simak, Begini Cara Membersihkan Sofa Kulit

Jarang membolak balik dan menggembungkan bantal

Model sofa ini membuatnya pas untuk diaplikasikan ke berbagai gaya desainDekoruma.com Model sofa ini membuatnya pas untuk diaplikasikan ke berbagai gaya desain

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.