Kompas.com - 04/09/2021, 13:47 WIB
Ilustrasi kucing menggaruk sofa. SHUTTERSTOCK/NOREEFLYIlustrasi kucing menggaruk sofa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara semua karakteristik menarik dan menawan dari kucing, ada beberapa keanehan kucing yang sedikit menjengkelkan, seperti kebiasaan kucing menggaruk sofa, gorden, dan karpet Anda.

 

Perilaku kucing ini tentu saja menimbulkan kerusakan. Namun, apa penyebab kucing menggaruk karpet dan furnitur berbahan kain lainnya? 

"Hal ini dilakukan oleh kucing karena mereka di alam liar menggaruk dan begitu pun di rumah," ujar Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat, seperti dikutip dari Cuteness, Sabtu (4/9/2021). 

Baca juga: Apakah Ikan Salmon Bagus untuk Kucing? Ini Penjelasan Dokter Hewan

Berikut beberapa alasan mengapa kucing menggaruk karpet dan sofa. 

  • Untuk menghilangkan lapisan luar cakarnya yang mati, yang dikenal sebagai sarungnya, dan untuk menajamkan cakarnya
  • Untuk meregangkan otot-otot di punggungnya sambil melenturkan kaki dan cakarnya
  • Untuk menghilangkan stres dan kebosanan
  • Untuk menandai wilayah, berkomunikasi dengan kucing lain dengan tanda visual dan penciuman yang dikenal sebagai penanda aroma interdigital. Kucing memiliki kelenjar aroma pada setiap bantalan kaki (plantar) mereka.
  • Untuk terlibat dalam perilaku yang merangsang dan menyenangkan

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Bambino, Ras Kucing Kerdil dan Tanpa Bulu

Perilaku kucing menggaruk sofa, karpet, kusen pintu, dan furnitur lainnya adalah masalah yang perlu ditangani dengan modifikasi perilaku dan lingkungan. 

Menghentikan garukan di karpet

Untuk menghentikan garukan atau cakaran kucing di karpet, sofa, dan benda lainnya, Anda dapat mengalihkan penggarukan ini di tempat lainnya. Misalnya, Anda dapat meletakkan tiang garukan di beberapa sisi kaki sofa.

Atau cara lainnya adalah letakkan pohon atau tiang panjat kucing dengan fitur garukan yang cukup luas. Kucing juga memiliki preferensi menggaruk, baik permukaan garukan vertikal atau horizontal, atau keduanya, jadi sebaiknya sediakan keduanya; untuk berjaga-jaga.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.