Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Kucing Aegea yang Berasal dari Kepulauan Yunani

Kompas.com - 02/09/2021, 13:33 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aegea atau Aegean adalah ras kucing alami yang berkembang tanpa perlu campur tangan manusia.

Kucing ini dikenal sebagai teman yang cerdas, energik, ramah, serta menjadi kucing keluarga yang hebat. Jika berencana memelihara seekor kucing di rumah, kucing Aegea bisa menjadi pilihan 

Untuk mengenalnya lebih jelas, berikut ini fakta menari kucing Aegea yang dikutip dari kanal YouTube Kitten Life, Kamis (2/9/2021). 

Baca juga: Mengenal Osteochondrodysplasia, Penyakit Genetik Kucing Scottish Fold

Berasal dari Yunani

Ras kucing Aegea berasal dari kepulauan Kyklades, Yunani, yang terletak di Laut Aegea. Ada spekulasi bahwa asal kucing Aegea yang sangat dekat dengan laut sehingga membuatnya tidak takut air.

Keramahan kucing Aegea terhadap manusia juga berasal dari didikan yang diperoleh, berada di sekitar pelaut dan nelayan sepanjang waktu.

Di Yunani, kucing Aegea adalah jenis kucing yang sangat populer meski jarang ditemukan di negara lain. 

Baca juga: Apakah Kucing Mengenali Nama Mereka? Berikut Penjelasannya

Berukuran sedang 

Aegea adalah kucing berukuran sedang. Kebanyakan kucing Aegea jantan memiliki berat empat sampai 4,5 kilogram dan Aegea betina antara tiga sampai empat kilogram. 

Ramah dan mudah bergaul 

Kucing Aegea adalah salah satu ras kucing paling ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Kucing ini menjadi pilihan bagus untuk keluarga besar mana pun dan akan terus mencari interaksi manusia.

Apakah itu untuk bersantai bersama selama waktu senggang atau untuk sesi bermain yang energik. Kucing atletis ini juga sangat cerdas. Dalam banyak kasus, kucing Aegea bisa diajarkan untuk melakukan trik. 

Baca juga: 7 Ras Kucing Berbulu Lebat yang Menggemaskan

Selain itu, kucing Aegea memiliki sifat mandiri. Kucing ini paling baik berada di rumah yang ramai karena selalu ada aktivitas yang dapat dilihat kucing. 

Kucing Aegea juga suka berada di luar ruangan, Jadi, jika kamu dapat menyediakan catio (tempat khusus untuk kucing di luar daerah rumah) yang tertutup dengan aman, kucing ini akan sangat menghargainya. 

Baca juga: 5 Fakta Unik dan Menarik tentang Ras Kucing Aegean

Dekat dengan anak-anak dan tidak takut air 

Ilustrasi kucing Aegean.SHUTTERSTOCK/MARK ST CYR Ilustrasi kucing Aegean.
Kucing Aegea merupakan predator yang sangat cakap. Karena itu, mereka banyak digunakan sebagai pengendali hama di daerah perdesaan.

Meski belum lama dibiakkan secara sistematis, kucing Aegea telah didomestikasi (upaya agar hewan yang biasa hidup liar dan tak terkontrol dapat hidup dan dikembangbiakkan dalam kondisi terkontrol) selama berabad-abad. Karena itu, kucing Aegea telah beradaptasi sangat baik pada manusia.

Untuk makannya, kucing Aegea sangat menyukai ikan karena secara alami merupakan makanan utamanya.  

Baca juga: Bukan dari Mesir, Ketahui 10 Fakta Menarik Kucing Sphynx

Beberapa kucing Aegea liar atau tidak mempunyai pemilik diketahui menjalin persahabatan dekat dengan nelayan dan sering terlihat menunggu nelayan di pantai. Hal ini yang membuat kucing Aegea tidak takut air karena berasal dari daerah kepulauan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com