Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Mata Anak Kucing Terbuka? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 01/09/2021, 10:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak kucing yang baru lahir memiliki fisik yang berbeda dengan kucing dewasa.

Biasanya, telinga anak kucing yang baru lahir umumnya terlipat di kepala mereka dan kelopak matanya tertutup rapat. Bahkan, Anda tidak bisa melihat mata mereka sama sekali.

Dilansir dari Daily Paws, Rabu (1/9/2021), tidak butuh waktu lama bagi anak kucing sehat untuk mulai membuka matanya. Sebagian besar anak kucing mulai membuka matanya pada usia 7 hingga 10 hari, dan pada usia dua minggu, kedua matanya akan melebar sepenuhnya.

Baca juga: Diare pada Anak Kucing, Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Tentu saja, tidak ada dua anak kucing yang persis sama, jadi beberapa mungkin membuka matanya sedikit lebih lambat daripada yang lain dan beberapa mungkin membuka satu mata sebelum yang lain. Semua anak kucing memiliki mata biru ketika mereka masih sangat muda.

Warna mata anak kucing yang sebenarnya tidak akan berkembang sampai anak kucing berusia minimal 8 minggu.

Hindari meletakkan anak kucing di ruangan yang terang

Dalam merawat anak kucing, usahakan anak kucing berada di ruangan yang gelap jauh dari cahaya terang yang berpotensi merusak matanya yang sedang berkembang. Penting juga untuk menjaga anak kucing tetap bersih dan sehat.

Jika anak kucing itu yatim piatu dan induk kucing tidak bisa ditemukan di mana pun, ia harus diberi susu formula anak kucing yang seimbang (harus dengan ketentuan dokter hewan). Yang terpenting, jangan pernah mencoba memaksa mata anak kucing terbuka sebelum mereka siap.

Baca juga: Tips Merawat Anak Kucing Mulai dari Lahir

Hal yang harus diperhatikan

Mata anak kucing dapat mengembangkan kerak kusut yang mencegahnya terbuka. Ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus (alasan lain untuk menjaga anak kucing Anda di tempat yang bersih dan gelap). Jika mata anak kucing Anda mengeras, mereka membutuhkan perawatan.

Carlene Strandell, direktur dan pendiri Smitten with Kittens, lembaga penyelamatan anak kucing nirlaba yang beroperasi di Tallahassee, Florida, AS mengatakan ketika ini terjadi, pemilik anak kucing dapat membersihkan mata mereka dengan bola kapas yang dibasahi dengan air hangat.

Kompres hangat dan basah dapat memungkinkan Anda untuk melembutkan dan menyeka kerak dengan lembut. Tapi pastikan untuk tidak pernah menggunakan sabun.

"Jika mata anak kucing tidak membaik, bawa ke dokter hewan,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com