Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2021, 18:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti kucing dewasa, anak kucing juga dapat mengalami gangguan pencernaan, yang akhirnya menyebabkan fesesnya cair. Namun, sering kali diare merupakan indikasi masalah kesehatan yang lebih serius.

Oleh sebab itu, kenali gejala dan penyebab diare pada anak kucing, serta segera lakukan penanganan, termasuk membawa kucing ke dokter hewan.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (27/8/2021), berikut penjelasan mengenai penyebab, gejala, dan pencegahan diare pada anak kucing.

Baca juga: Tips Merawat Anak Kucing Mulai dari Lahir

Ilustrasi anak kucing. PIXABAY/OLGA OZIK Ilustrasi anak kucing.

Penyebab anak kucing diare

Ada banyak alasan mengapa anak kucing dapat mengalami diare dan beberapa lebih umum daripada yang lain.

Namun demikian, terlepas dari apapun penyebab diare pada anak kucing, jangan mengabaikannya jika sudah terjadi beberapa hari.

1. Perubahan pola makan

Setiap perubahan makanan, apakah itu makanan utama, camilan, obat-obatan, suplemen nutrisi, atau mainan yang dapat dimakan, dapat menyebabkan anak kucing terkena diare, tetapi biasanya hanya sementara.

Setelah tubuhnya menyesuaikan diri dengan makanan baru, diare biasanya berhenti setelah beberapa hari makan makanan baru.

Baca juga: Kapan Mata Anak Kucing Mulai Terbuka? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Jika Anda secara teratur memberikan makanan yang berbeda, maka diare juga dapat terjadi secara teratur, terutama pada anak kucing dengan saluran pencernaan yang sensitif.

Bila anak kucing memakan sesuatu yang tidak seharusnya mereka makan, seperti makanan anjing atau makanan orang yang jatuh ke lantai, ini masih merupakan perubahan dalam pola makannya dan dapat menyebabkan diare.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com