Kompas.com - 04/09/2021, 10:33 WIB
Ilustrasi vacuum cleaner. FREEPIK/YANALYAIlustrasi vacuum cleaner.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang sudah familiar menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran dari karpet.

Namun, untuk memastikan perawatan dan perlindungan terbaik karpet Anda, ada beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan saat menyedot debu dari karpet menggunakan vacuum cleaner. 

Dikutip dari laman The Spruce, Sabtu (4/9/2021), berikut ini beberapa cara tepat menggunak untuk menyedot debu dari karpet. 

Baca juga: Mudah, Cara Membuat Disinfektan untuk Karpet

Pilih vakum yang tepat 

Ada begitu banyak penyedot debu atau vacuum cleaner yang tersedia di pasaran saat ini. Meski begitu, tidak semua penyedot debu diciptakan sama. Jadi, penting memilih penyedot debu yang cukup memenuhi kebutuhan karpet Anda.

Jika membeli karpet baru untuk rumah, pertimbangkan untuk memeriksa dengan produsen karpet untuk melihat apakah ada fitur tertentu yang direkomendasikan untuk karpet baru Anda.

Misalnya, "karpet lembut" baru yang sangat populer saat ini mungkin memerlukan jenis penyedot debu yang berbeda dari karpet tradisional.

Baca juga: Catat, 8 Kotoran Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner 

Sikat pemukul 

Banyak penyedot debu memiliki sikat berputar, yang dikenal sebagai batang pengocok, yang dirancang untuk mengaduk serat karpet untuk membantu melonggarkan tanah jauh di dalam tumpukan.

Fitur ini sangat membantu di banyak karpet, tetapi dapat merusak gaya tertentu. Misalnya, karpet model melingkar seperti Berber tidak boleh disedot dengan sikat pemukul karena dapat mengendurkan serat dan menyebabkan loop terlihat "kabur". 

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Robot Vacuum Cleaner

Selain itu, jika ada untaian kecil serat yang terlepas dari loop, itu bisa menjadi melilit palang pemukul dan ditarik dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga ditarik keluar dari beberapa baris, menciptakan lintasan di karpet.

Karpet yang terbuat dari serat alami seperti wol juga tidak boleh disedot dengan sikat pemukul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.