Kompas.com - 23/09/2021, 20:15 WIB
Cara membersihkan casing HP plastik bisa menggunakan larutan pemutih. SHUTTERSTOCK/CASSIOHABIBCara membersihkan casing HP plastik bisa menggunakan larutan pemutih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemutih dikenal memiliki berbagai manfaat selain membersihkan atau memutihkan pakaian. Pemutih dapat digunakan untuk membersihkan beragam area dan benda di rumah.

Nah, berikut ini ragam manfaat pemutih untuk membersihkan berbagai area dan benda di rumah dilansir dari Martha Stewart, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Pemutih Saat Mencuci Pakaian 

Menggunakan pemutih di dapur 

Pemutih dapat membersihkan area dan beberapa benda di dapur. Pemutih dapat digunakan sebagai disinfektan untuk membersihkan meja, tempat sampah, talenan, wastafel, lantai, kulkas, peralatan stainless steel, dan permukaan keras lainnya yang tidak berpori.

Untuk menggunakannya, campurkan satu cangkir pemutih dengan 3,5 liter air. Namun, hindari penggunaan pemutih pada lantai marmer atau lantai kayu.

Sedangkan, untuk membersihkan talenan plastik, Anda perlu dengan mencampurkan dua sendok teh pemutih dengan 3,5 liter air

Baca juga: Gunakan Pemutih untuk Membuat Bunga di Dalam Vas Segar Lebih Lama 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan pemutih di kamar mandi 

Dari lantai hingga langit-langit, pemutih memenuhi semua kebutuhan kamar mandi sebagai pembersih dan penghilang bakteri.

Untuk membersihkan jamur di lantai kamar mandi, Anda dapat mencampurkan satu cangkir pemutih dengan 3,5 liter air hangat, lalu bersihkan permukaannya, dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. 

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Pakaian Tanpa Menggunakan Pemutih

Sementara itu, untuk membersihkan tirai kamar mandi yang berjamur, masukkan tirai ke mesin cuci dengan detergen dan 2/3 cangkir pemutih guna membersihkan dan mencegah pertumbuhan jamur baru.

Selain itu, tempat sampah plastik juga bisa didisinfeksi menggunakan pemutih dengan mencapurkan satu cangkir pemutih dan 3,5 liter air dan diamkan selama lima menit lalu bilas. 

Baca juga: Selain Pakaian, Ini 5 Manfaat Pemutih untuk Membersihkan Rumah 

Menggunakan pemutih di teras 

Selanjutnya, manfaat pemutih dapat membersihkan furnitur teras berbahan plastik. Caranya, campurkan satu cangkir pemutih dengan 3,5 liter air hangat, lalu bersihkan dan tunggu 10 menit, dan  bilas dengan air hangat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah hati-hati menggunakan pemutih karena dapat mengenai tanaman di kebun. Pemutih juga bisa berguna melindungi pot tanaman terkena jamur atau penyakit ke tanaman baru.

Bersihkan pot tanaman dengan larutan cangkir pemutih dan 3,5 liter air dan rendam selama lima menit, lalu bilas dan keringkan pot. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.