Kompas.com - 25/09/2021, 09:43 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian putih. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi mencuci pakaian putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda mencuci pakaian putih dan berwarna secara bersamaan lalu warna pakaian luntur? Salah satu cara mencegah warna pakaian luntur adalah memisahkan pakaian putih dan berwarna sebelum dicuci.

Dilansir dari Life Savvy, Sabtu (25/9/2021), ada beberapa manfaat yang tidak dapat disangkal dari menyortir cucian Anda berdasarkan warna dan bahan. Alasan utama orang mencuci pakaian secara terpisah adalah untuk menghindari warna luntur.

Namun, warna luntur hanya menjadi masalah saat Anda mencuci pakaian pertama kali. Pakaian baru seringkali masih mengandung pewarna yang bisa luntur saat pertama kali dicuci.

Baca juga: Ragam Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyetrika Pakaian

Pakaian baru harus dicuci sendiri atau dengan warna serupa yang tidak akan terpengaruh jika terjadi perpindahan warna.

Jika Anda berencana menggunakan pemutih klorin untuk mencerahkan pakaian putih, Anda harus melakukannya secara terpisah, karena pemutih dapat merusak pakaian berwarna.

Namun, pemutih non-klorin biasanya baik digunakan pada pakaian berwarna, hanya saja pastikan untuk memeriksa label pakaian untuk memastikan bahannya aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apakah suhu air penting saat mencuci pakaian?

Terkadang, air panas lebih cenderung membuat pakaian baru luntur, tetapi biasanya tidak akan menimbulkan masalah setelah pakaian tersebut dicuci beberapa kali.

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian ke Pengering?

Air dingin paling tidak menyebabkan warna luntur dan sangat ideal untuk sebagian besar pakaian karena lebih lembut. Ini cenderung menyebabkan penyusutan atau memudar dan lebih aman untuk digunakan pada bahan halus.

Mencuci pakaian dengan air dingin juga menggunakan lebih sedikit energi dan lebih baik bagi lingkungan.

Bisakah mencuci pakaian berwarna secara bersamaan?

Selain memisahkan pakaian putih dan berwarna, haruskah Anda memisahkan lebih lanjut warna tertentu dari yang lain sebelum mencucinya? Jawabannya adalah, ya.

Biasanya disarankan untuk mencuci pakaian berwarna seperti dengan warna sejenisnya. Misalnya, memisahkan warna yang lebih gelap dari yang lebih terang.

Halaman:


Sumber Life Savvy
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.