Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2021, 18:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda membeli sebuah barang, misalnya tas, pakaian, atau sepatu, pada kemasannya biasanya ditemukan kemasan kecil silica gel. Namun, jika Anda belum mengetahuinya, apa sebenarnya silica gel itu dan manfaatnya?

Dilansir dari Web MD, Sabtu (18/9/2021), silica gel adalah bahan pengering yang sering kali berbentuk butiran kecil bening atau kristal batu bening yang ditempatkan dalam kemasan kecil yang terbuat dari kertas atau kain.

Paket ini sering dikemas dengan produk komersial untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kelembapan. Paket silica gel dapat ditemukan dalam berbagai macam produk, seperti makanan, pakaian, dan peralatan elektronik.‌

Baca juga: Jangan Dibuang, Gunakan Silica Gel untuk 8 Hal Ini di Rumah

Silica gel biasanya tidak beracun, tetapi dapat menimbulkan bahaya tersedak, terutama bagi anak kecil atau hewan peliharaan. Oleh sebab itu, kemasan gel silika sering diberi label "Jangan dimakan" karena risiko tersedak.

Ilustrasi silica gel. PIXABAY/BENCHTALKS Ilustrasi silica gel.

Apa itu silica gel?

Silica gel adalah "pengering," yang berarti digunakan untuk menjaga agar tetap kering. Silica gel terbuat dari silikon dioksida, senyawa yang secara alami ditemukan di pasir, dan memiliki partikel kecil yang dapat menyerap air dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, paket silika gel dimasukkan ke dalam produk yang dibeli di toko untuk mencegah kerusakan akibat kelembaban. Paket silika gel sering ditemukan pada produk-produk berikut.

  • Pakaian (misalnya, mantel, sepatu, dan topi)
  • Peralatan elektronik (misalnya, kotak ponsel dan kamera)
  • Botol obat atau vitamin
  • Makanan (misalnya, paket buah kering dan dendeng)

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Kucing

Produsen sering memberi label paket "Jangan dimakan" karena dilaporkan telab peningkatan insiden orang yang secara tidak sengaja memakan paket gel silika. Sebagian besar kasus melibatkan anak kecil.

Apakah silica gel beracun?

Silica gel tidak beracun tetapi dapat menimbulkan bahaya tersedak bagi anak kecil. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, produsen melapisi gel silika dalam kobal klorida, senyawa beracun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com