Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Silica Gel? Kenali Manfaat dan Risikonya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda membeli sebuah barang, misalnya tas, pakaian, atau sepatu, pada kemasannya biasanya ditemukan kemasan kecil silica gel. Namun, jika Anda belum mengetahuinya, apa sebenarnya silica gel itu dan manfaatnya?

Dilansir dari Web MD, Sabtu (18/9/2021), silica gel adalah bahan pengering yang sering kali berbentuk butiran kecil bening atau kristal batu bening yang ditempatkan dalam kemasan kecil yang terbuat dari kertas atau kain.

Paket ini sering dikemas dengan produk komersial untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kelembapan. Paket silica gel dapat ditemukan dalam berbagai macam produk, seperti makanan, pakaian, dan peralatan elektronik.‌

Silica gel biasanya tidak beracun, tetapi dapat menimbulkan bahaya tersedak, terutama bagi anak kecil atau hewan peliharaan. Oleh sebab itu, kemasan gel silika sering diberi label "Jangan dimakan" karena risiko tersedak.

Apa itu silica gel?

Silica gel adalah "pengering," yang berarti digunakan untuk menjaga agar tetap kering. Silica gel terbuat dari silikon dioksida, senyawa yang secara alami ditemukan di pasir, dan memiliki partikel kecil yang dapat menyerap air dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, paket silika gel dimasukkan ke dalam produk yang dibeli di toko untuk mencegah kerusakan akibat kelembaban. Paket silika gel sering ditemukan pada produk-produk berikut.

Produsen sering memberi label paket "Jangan dimakan" karena dilaporkan telab peningkatan insiden orang yang secara tidak sengaja memakan paket gel silika. Sebagian besar kasus melibatkan anak kecil.

Apakah silica gel beracun?

Silica gel tidak beracun tetapi dapat menimbulkan bahaya tersedak bagi anak kecil. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, produsen melapisi gel silika dalam kobal klorida, senyawa beracun.


Memakan gel silika berlapis kobalt klorida kemungkinan akan menyebabkan mual dan muntah. Kobalt klorida adalah indikator kelembapan yang berwarna biru tua saat kering dan merah muda saat jenuh dengan air.

Silica gel berlapis kobalt klorida biasanya tidak digunakan untuk produk konsumen.

Apa yang terjadi jika silica gel termakan?

Anak-anak dapat salah mengira silica gel sebagai makanan atau permen dan memakannya. Orang dewasa terkadang salah mengira silica gel sebagai paket garam atau gula yang biasa ditemukan dalam makanan yang dibawa pulang.

Secara tidak sengaja memakan silika gel pengering seharusnya tidak membuat Anda atau anak Anda sakit karena bersifat lembam secara kimiawi, yang berarti tidak akan rusak di dalam tubuh dan menyebabkan keracunan. Seringkali silica gel akan melewati tubuh tanpa efek berbahaya.‌

Namun demikian, ini tidak berarti bahwa makan gel silika sepenuhnya tanpa risiko. Risiko terbesarnya adalah bahaya tersedak.

Selain itu, jika dimakan dalam jumlah banyak, silica gel dapat menyebabkan obstruksi usus. Inilah sebabnya mengapa produsen sering memberi label pada paket dengan "Jangan dimakan" atau "Buang setelah digunakan."

Dalam kasus yang jarang terjadi, komponen beracun lainnya misalnya, kobalt klorida dan alkali kuat terdapat dalam paket silica gel. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa gejala apa pun, misalnya, muntah dan sakit perut, setelah silica gel termakan.

Apa yang harus dilakukan jika silica gel termakan?

Jika Anda atau anak Anda secara tidak sengaja memakan silica gel, penting untuk minum air sebanyak mungkin untuk membantu agar gel masuk ke perut. Anda kemudian harus terus memantau gejala apa pun.

  • Jika anak Anda tersedak, cari bantuan medis darurat dan lakukan manuver berikut
  • Untuk anak berusia di atas satu tahun, lakukan manuver Heimlich.
  • Untuk anak-anak berusia kurang dari satu tahun, lakukan manuver Heimlich bayi.
  • Jangan memasukkan jari Anda ke dalam mulut anak Anda karena hal ini dapat mendorong paket ke saluran napas mereka.

Kapan harus ke dokter?

Dehidrasi yang disebabkan oleh menelan silica gel dapat mengiritasi tenggorokan dan hidung, sakit perut, muntah, sembelit, dan mual. Anda harus mencari perhatian medis jika terjadi hal berikut.

Apa yang harus dilakukan jika silica gel terkena mata?

Silica gel dapat mengiritasi mata Anda. Oleh karena itu, Anda harus membilas mata dengan air hangat, sesekali mengangkat kelopak mata atas dan bawah, setidaknya selama 15 menit.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/18/180200276/apa-itu-silica-gel-kenali-manfaat-dan-risikonya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke