Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Memilih Meja Samping Tempat Tidur yang Tepat Menurut Pakar

Kompas.com - 09/09/2021, 12:31 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih nakas atau meja kecil di samping tempat tidur selalu menjadi proses yang menyenangkan.

Apakah Anda mencari nakas dengan dua laci atau tiga laci? Atau apakah lebih suka nakas dengan tampilan yang lebih ramping? Memilih nakas dengan gaya cermin glam atau tertarik pada potongan rotan boho?  

Baca juga: Feng Shui Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur untuk Usir Energi Negatif

Banyaknya model nakas ini membuat sebagian orang bingung memilih meja yang tepat. Namun, menurut para desainer, hal paling penting adalah mempertimbangkan ukuran dan proporsi meja samping tempat tidur sebelum membeli. 

Melansir dari The Spruce, Kamis (9/9/2021), berikut ini aturan memilih meja samping tempat tidur menurut para desainer interior. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman dari Sebelumnya

Dapatkan proporsi yang tepat

Desainer interior, Marie Cloud, dan desainer lain setuju bahwa proporsi adalah kunci tepat memilih meja samping tempat tidur. 

“Sering kali, saya datang ke ruang klien, mereka akhirnya membeli meja samping tempat tidur yang terlalu kecil atau terlalu besar. Tidak mengetahui atau memahami skala meja samping tempat tidur,” renung desainer Peti Lau.

Baca juga: Kenapa Kucing Bersembunyi di Bawah Tempat Tidur?

Namun, kata Lau, sebelum berpikir memilih nakas, penting untuk menentukan ukuran tempat tidur yang tepat untuk kamar tidur.

“Jika memiliki kamar besar, tempat tidur (tipe) queen terasa agak kecil. Jika memiliki tempat tidur king di kamar kecil, itu tidak akan membantu, kecuali yang ingin Anda lakukan adalah benar-benar dapat naik ke tempat tidur,” kata Lau. 

Ukur untuk tinggi dan lebar

Setelah menentukan ukuran tempat tidur yang tepat, saatnya menentukan ukuran meja samping tempat tidur.

"Saran saya ketinggian meja samping tempat tidur rata-rata harus antara 60-71 sentimeter sehingga memberi Anda 63 sentimeter dari lantai ke kasur. Lebarnya tergantung pada seberapa banyak ruang yang tersisa," ucap Lau.  

Baca juga: 3 Posisi Terbaik Menempatkan Tempat Tidur di Kamar

Senada dengan Lau, desainer Emily Starr Alfano mengatakan ketinggian meja samping tempat tidur tidak boleh jauh lebih rendah atau lebih tinggi dari tinggi kasur sehingga Anda tidak akan canggung meraih barang-barang di atasnya.

"Dalam hal lebar, saya pikir Anda bisa sedikit lebih bersenang-senang. Hanya mengambil bagian lain di ruang untuk menjadi pertimbangan."

Baca juga: Jangan Meletakkan Tempat Tidur di 5 Posisi Ini 

Berpikir di luar kotak

Ada banyak model meja samping tempat tidur dua laci tradisional di majalah desain, tetapi tidak apa-apa untuk sedikit berpikir di luar kotak ketika menyangkut ruang Anda sendiri.

"Selama sesuai dengan pedoman pengukuran, meja samping tempat tidur tidak perlu menjadi satu gaya tertentu," ujar Lau. 

Baca juga: 5 Manfaat Merapikan Tempat Tidur pada Pagi Hari

Lau menjelaskan, terkadang meja samping tempat tidur bisa menjadi lemari kedua untuk penyimpanan lebih banyak jika memiliki banyak ruang di dinding kepala tempat tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com