Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Posisi Terbaik Menempatkan Tempat Tidur di Kamar

Kompas.com - 26/07/2021, 20:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur adalah furnitur utama di kamar tidur  untuk tidur dan beristirahat. Tempat tidur biasanya diletakkan menempel ke dinding kamar.

Namun, rupanya ini adalah posisi yang tidak disarankan karena menyulitkan proses pergantian seprai dan pembersihan. Karena itu, pastikan posisi tempat tidur tidak keliru. Lantas, posisi seperti apa yang tepat? 

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (26/7/2021), berikut ini tiga posisi terbaik  menempatkan tempat tidur di kamar tidur. 

Baca juga: Jangan Meletakkan Tempat Tidur di 5 Posisi Ini

Tengah ruangan

Salah satu posisi terbaik menempatkan tempat tidur adalah di tengah ruangan dengan headboard atau sandaran kepala tempat tidur yang menempel ke dinding.

Selain itu, kedua sisi tempat tidur perlu diisi dengan meja nakas untuk menjadi kesatuan yang baik. Namun, bila ukuran kamar tidur tidak memadai, usahakan salah satu sisi tempat tidur tidak menempel dinding. 

Baca juga: 5 Manfaat Merapikan Tempat Tidur pada Pagi Hari

Sudut dinding

Sudut ruangan yang dimaksud di sini bukanlah menempelkan tempat tidur ke sudut ruangan, melainkan posisikan kepala tempat tidur mengarah sejajar dengan sudut dinding.

Jangan menempelkan kepala tempat tidur ke dinding, pastikan memberi sedikit ruang. Posisi tempat tidur seperti ini berarti perhatian utama tidak teralihkan ke furnitur atau dekorasi lain. Jadi, titik fokus perhatian utama tertuju pada tempat tidur.

Jika memiliki kamar tidur besar, posisi penempatkan tempat tidur di sudut ruangan juga bisa membuat pernyataan yang berani. 

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Rangka Tempat Tidur

Tengah-tengah ruangan

Posisi terbaik untuk penempatan tempat tidur adalah berada di tengah-tengah ruangan kamar tidur persis. Ini disebut sebagai "pulau" di tengah-tengah kamar tidur. Posisi ini mungkin bertentangan dengan saran lain yang telah kamu baca.

Namun, meletakkan tempat tidur di tengah-tengah ruangan kamar tidur memiliki kelebihan seperti membuat tempat tidur tidak memiliki pembatas sehingga memudahkan naik dan turun ke kasur dan menghasilkan aliran mulus di sekitar ruangan. 

Baca juga: Tempat Tidur Beroda Hemat Ruang dan Simple

Agar tempat tidur terasa lebih membumi, tambahkan papan headboard atau letakkan di atas karpet bermotif. Tapi, kamu membutuhkan ruang yang cukup untuk memilih posisi penempatan tempat tidur ini.

Jadi, jika kamar tidur memiliki ruangan terbatas, posisi ini mungkin bukan piliha yang tepat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com