Kompas.com - 07/09/2021, 22:48 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan, kucing. SHUTTERSTOCKIlustrasi hewan peliharaan, kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pandemi dimulai awal 2020, banyak dari pekerja yang akhirnya merasa nyaman bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Namun, selain manusia atau pekerja, hewan peliharaan juga sudah terbiasa berada dan bermain di rumah bersama pemiliknya. 

Baca juga: 5 Pengaturan Cahaya di Ruang Kerja agar Makin Produktif Saat WFH

Akan tetapi, kini, kasus Covid-19 yang mulai mengalami penurunan di berbagai negara, termasuk Indonesia, membuat beberapa pekerja mulai kembali bekerja di kantor.

Nah, hal yang menjadi kekhawatiran bagi pemilik hewan peliharaan adalah kondisi sahabat bulu. Bagaimana hewan peliharaan dapat mengatasi kesendirian saat ditinggal bekerja. 

Melansir dari Martha Stewart, Selasa (7/9/2021), berikut ini cara menjaga hewan peliharaan tetap aman dan ceria saat ditinggal kembali bekerja. 

Baca juga: 7 Benda yang Dapat Membahayakan Hewan Peliharaan 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menaruh hewan peliharaan ke kandang 

Jika memiliki anak anjing baru selama pandemi atau melatih kembali hewan peliharaan agar terbiasa kembali di rumah yang sepi, Jessica Jane MacMurchy, koordinator dari Animal Charity of Ohio, merekomendasikan untuk menaruh hewan peliharaan di kandang saat Anda pergi.

Kandang adalah tempat yang aman dan menyenangkan untuk hewan peliharaan bersantai saat pemiliknya sedang bekerja.

MacMurchy merekomendasikan pemilik untuk menjauhkan benda yang berpotensi berbahaya dari kandung, mengamankan pintu kandang terkunci baik, dan menyediakan mainan yang akan memicu stimulasi mental hewan. 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Bisa Menyebabkan Hewan Peliharaan Terluka 

Siapkan kamera keamanan

Memeriksan keadaan hewan peliharaan lewat kamera keamanan di rumah di rumah melalui ponsel saat sedang bepergi dapat membawa rasa damai dan kepastian.

Memiliki kamera untuk hewan peliharaan adalah cara lain untuk mengurangi kecemasan perpisahan untuk sementara waktu. Bahkan ada kamera anjing yang dapat dikendalikan oleh Anda melalui ponsel cerda. 

Baca juga: Pertanda Hewan Peliharaan Harus Segera Dibawa ke Dokter Hewan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.