Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini Serangga yang Kerap Muncul di Kamar Mandi pada Malam Hari

Kompas.com - 02/09/2021, 19:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa serangga yang terkadang muncul di kamar mandi pada malam hari atau disebut serangga noktural.

Bahkan, serangga ini aktif pada malam hari ketika tidak ada kegiatan di area tersebut. Akibatnya, serangga dapat berkembang biak di kamar mandi dan membuatnya menjadi lebih kotor. 

Baca juga: 2 Cara Mudah Membuat Sabun Insektisida, Basmi Serangga Tanaman

Dilansir dari Hunker, Kamis (2/9/2021), sebagian besar serangga nokturnal dapat disingkirkan dengan menghubungi pengendalian hama.

Nah, berikut ini serangga noktural yang biasa muncul di kamar mandi pada malam hari. 

Baca juga: 5 Tips Membasmi Hama Serangga di Rumah 

Kelabang 

Kelabang adalah makhluk memanjang yang memiliki tubuh rata dan tersegmentasi dengan sepasang kaki per segmen.

Kelabang dapat bervariasi dalam warna dan pola, tetapi warna yang paling umum adalah cokelat dan oranye kemerahan. Kelabang dapat bervariasi dalam ukuran, dari empat hingga 152 milimeter, tergantung spesiesnya.

Selain itu, hewan satu ini memiliki sepasang antena panjang dan sensitif pada kepala mereka dan memiliki15 sampai177 pasang kaki. 

Baca juga: Cara Menyingkirkan Kelabang dari Rumah dengan Manusiawi

Meski memiliki mulut yang kecil, kelabang memiliki struktur besar seperti cakar. Cakar ini juga mempunyai kelenjar racun.

Lantaran merupakan makhluk karnivora, kelabang menggunakan cakarnya yang berbisa untuk melumpuhkan serangga lain.

Kelabang rumah lebih menyukai lingkungan yang lembap dan gelap serta aktif mencari makan pada malam hari. Kelabang dapat ditemukan di ruang bawah tanah, lemari, bak mandi, dan wastafel kamar mandi. 

Baca juga: 3 Semprotan yang Ampuh Membasmi Kelabang di Rumah 

Biasanya, kelabang dapat masuk ke rumah karena tidak tahan dingin. Jika melihat kelabang merangkak keluar dari saluran air shower atau berjalan di kamar mandi pada malam hari, cobalah mengontrol kelembapan di kamar mandi.

Bersihkan saluran air shower dan rapikan kamar mandi sehingga dapat mencegah hama lain yang suka dimakan kelabang. Namun, bila kelabang dalam infestasi besar, Anda perlu menghubungi pengendalian hama. 

Baca juga: Simak, Cara Membasmi Kelabang yang Masuk ke Dalam Rumah 

Lalat saluran pembuangan

Jenis serangga lain yang dapat ditemukan di kamar mandi pada malam hari adalah lalat saluran pembuangan. Lalat ini suka berkembang biak di saluran air karena menyukai kondisi basah dan penuh dengan sumber makanan.

Untuk mencegah lalat berkeliaran di sekitar saluran pembuangan, Anda perlu menciptakan lingkungan yang tidak bisa membuat lalat ini berkembang biak, terutama selama bulan-bulan yang lebih dingin. 

Baca juga: Minyak Cengkih Ampuh Membasmi Serangga di Rumah, Ini Penjelasannya

Paling penting adalah mencoba mengurangi kelembapan di kamar mandi. Jika kamar mandi tidak memiliki ventilasi udara, cobalah memasang dehumidifier.

Tugas penting lainnya adalah memperbaiki masalah saluran air atau pipa ledeng. Masalah pipa dapat menyebabkan peningkatan aktivitas serangga di kamar mandi. Cobalah membersihkan kamar mandi secara teratur dan tutup semua lubang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com