Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Semprotan Pengusir Serangga di Rumah, Pakai Cuka

Kompas.com - 21/07/2021, 08:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran serangga tentu mengganggu di rumah. Namun, banyak semprotan dan pembasmi serangga komersial dapat menyebabkan kulit sensitif atau menjadi masalah bagi hewan dan anak-anak.

Produk pembasmi serangga buatan sendiri efektif, terjangkau, dan aman untuk dimiliki di sekitar hewan peliharaan, bayi, dan apabila Anda yang memiliki sistem kekebalan atau pernapasan yang terganggu.

Dilansir dari Hunker, Rabu (21/7/2021), cuka adalah salah satu bahan yang dapat dibuat sebagai semprotan serangga buatan sendiri untuk nyamuk, semut, pengusir hama, dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Serangga Pengganggu yang Hidup dalam Rumah dan Cara Membasminya

Membuat campuran yang efektif untuk pengusir serangga alami untuk rumah adalah proses yang cukup sederhana yang dapat dibuat dengan deterjen dan produk pembersih rumah tangga biasa.

Cuka untuk membasmi serangga besar

Jika semut telah menemukan jalan mereka melalui dinding dan masuk ke dapur atau di sekitar area di luar ruangan Anda, maka cuka putih suling dapat menghilangkan jenis masalah hama tersebut. Singkirkan barisan semut dengan percikan cuka.

Ilustrasi cuka, cuka putih. PIXABAY/NATUREFRIEND Ilustrasi cuka, cuka putih.

Cuka akan menghilangkan bau semut yang mereka ikuti dan menghancurkan barisan serangga yang terus-menerus menuju pintu Anda.

Campuran 1 bagian cuka dengan 3 bagian air dengan beberapa tetes sabun cuci piring ringan dapat membantu mengendalikan hama kebun. Semprotkan pada mawar, tanaman merambat, dan sayuran yang dihinggapi kutu daun, ulat, atau kutu busuk.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Daun Mint, Bisa Usir Serangga Sampai Tikus

Sabun akan mencekik serangga, dan cuka akan mengusir penyerang di masa depan untuk waktu yang singkat.

Semprotkan campuran ini ke permukaan tempat serangga cenderung berkumpul, seperti di dasar meja teras, barbeque, dan kursi taman. Ini akan menjaga populasi serangga turun, serta serangga yang lebih besar, seperti laba-laba, yang memangsa kecoak dan semut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com