Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Teh pada Peralatan Minum Porselen

Kompas.com - 17/08/2021, 18:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cangkir dan teko porselen berwarna putih dengan berbagai corak yang cantik dapat membuat meja makan semakin cantik.

Namun, hal yang sering terjadi adalah cangkir dan teko porselen kerap meninggalkan noda teh atau kopi yang sulit dihilangkan meski telah dibersihkan. 

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Noda Teh dan Kopi pada Cangkir

Melansir dari beberapa sumber, Selasa (17/8/2021), teh, baik teh hijau maupun hitam, mengandung banyak senyawa, termasuk polifenol.

Polifenol adalah senyawa alami dalam daun teh yang memiliki sifat antioksidan dan berkontribusi pada rasa teh. Senyawa ini juga bertanggung jawab atas noda yang tertinggal pada cangkir dan teko. 

Baca juga: 10 Manfaat Pemutih, Bersihkan Mainan hingga Noda Kopi pada Cangkir 

Untuk membersihkan bekas noda teh tersebut, Anda perlu menetralkannya dengan bahan lain, yakni baking soda. 

Caranya, cukup membuat pasta dari baking soda dan air, lalu gosokkan pada cangkir dan teko yang terkena noda teh. Setelah itu, diamkan selama sekitar 20 menit sebelum dibersihkan dengan spons.

Sementara itu, untuk mencegah noda menempel lebih lama pada permukaan, cuci peralatan porselen dengan air garam hangat sebelum digunakan. Cara ini juga dapat membantu memperpanjang umur porselen. 

Baca juga: 3 Bahan yang Dapat Membersihkan Noda Teh pada Gelas

Dengan metode ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan sabun saat membersihkannya sebelum digunakan. Sebaiknya, menggunakan air panas dalam batas normal ketika menyeduh teh dalam cangkir porselen. 

Selain itu, peralatan minum porselen tidak boleh dipanaskan langsung di atas api. Sebagai gantinya, panaskan air dalam panci atau ketel terpisah, lalu masukkan ke peralatan minum teh Anda. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menghilangkan Noda Keruh pada Gelas

Penting juga memastikan peralatan minum porselen tidak menggunakan air panas, lalu air dingin, atau sebaliknya, karena dapat menyebabkan keretakan.

Perlahan hangatkan peralatan minum porselen dengan air hangat sebelum mengisi sepenuhnya dengan air mendidih.

Untuk menghindari noda yang sulit dibersihkan karena menempel terlalu lama, cuci segera peralatan porselen setelah digunakan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Gelas Kaca

Selanjutnya, keringkan gelas terlebih dahulu sebelum menyimpannya di rak atau lemari. Hindari menumpuknya satu sama lain karena dapat menyebabkan goresan pada permukaan peralatan teh porselen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com